Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pasar Modal dan Obligasi, Percepat Pembiayaan Infrastruktur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25037.jpg

    BANDUNG–Pertumbuhan ekonomi Jabar saat ini mencapai 5,29 persen, dan 13 persen berperan dalam nilai pertumbuhan nasional. Namun sebenarnya dapat ditingkatkan kembali dengan melakukan pembangunan infrastruktur yang cepat dan tepat.
     
    Permasalahan yang ada adalah pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat tidak merata khususnya wilayah Jabar Utara lebih baik daripada Jabar Selatan, begitu juga masalah kemiskinan, pengangguran dan lainnya.
     
    “Karena itu diperlukan akselerasi pembangunan-pembangunan seperti infrastruktur, jalan tol, pelabuhan, bandara, pariwisata dan lain-lain,” ujar Kepala OJK Jabar Sarwono, Rabu (27/9).
     
    Permasalahan yang belum dibahas lebih dalam adalah sumber dana pembiayaan, karena sumber dana pembiayaan tidak akan berasal dari APBN/APBD. Artinya perlu alternatif sumber dana lain.
     
    Dalam hal ini OJK melihat bahwa industri keuangan khususnya pasar modal bisa menjadi pilihan untuk menyediakan instrumen keuangan yang berjangka waktu lebih panjang. Saat ini telah tersedia wadah untuk menghimpun dana masyarakat profesional seperti Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT) yang bisa digunakan untuk membiayai sektor riil.
     
    Selain itu OJK juga segera akan merelaksasi aturan agar penerbitan obligasi daerah lebih cepat bisa terealisir dan diminati masyarakat untuk membiayai proyek-proyek yang ada penerimaannya dan bermanfaat untuk masyarakat.
     
    Hal lain yang perlu dilakukan secara paralel adalah edukasi kepada masyarakat agar lebih mengenal produk-produk investasi pasar modal yang aman dan juga memberikan keuntungan. Karena saat ini pemahaman masyarakat terhadap pasar modal masih terbilang rendah. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus