Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    4 Rekor Dalam Rangka Hari Pariwisata Dunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25040.jpg

    SUBANG-Dalam Rangka Hari Pariwisata Intyernasional, Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Subang berhasil memecahkan rekor Golok Barlen Terpanjang dan masuk dalam Original Rekor Indonesia (ORI). yang digagas oleh Taufik Hidayat. Menurut Taufik tujuannya untuk mengembalikan setelah diukur oleh tim ORI dari ujung gagang sampai ujung golok terhitung sepanjang 13,10 meter.

    Menurut inisiator pembuat golok, Taufik Hidayat motivasinya ialah ingin menghidupkan kembali budaya leluhur dalam membuat golok. Sedangkan perajin golok kini sudah hampir punah. Para keturunan sesepuhnya sudah banyak yang jadi pejabat, pengusaha dan profesi lainnya. Sedangkan yang memiliki animo meneruskan sebagai perajin golok hampir tidak ada.

    “Padahal secara langsung dan tidak langusng (budaya perajin golok) telah membentuk sosok kami menjadi sosok yang sempurnam” ujarnya disela-sela kegiatan Hari Pariwisata di Cibeureum Tanjungsiang Subang, Rabu (27/9).

    Dalam pengerjaannya kata Taufik melibatkan lebih dari 200 orang dan pengerjaan dilakukan selama 5 hari 5 malam secara bergiliran dengan menggunakan teknologi tradisional. Bahannya adalah besi baja berusia lebih dari 100 tahun. “(Besi bajanya) itu bekas jembatan jaman (penjajahan) Belanda,” imbuhnya.

    Bupati Subang, Imas Aryumningsih sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Taufik yang kemudian pihaknya akan mendukung pada perajin golok di Cibeureum Tanjungsiang Subang. Karena menurut Imas karya Golok Barlen produk Cibeureum Subang memiliki nilai ekonomis dan sangat memungkin menjadi khas Subang selain Kesenian Sisingaan dan buah Nanas Si Madu.

    Selain rekor Golok Terpanjang berhasil dipecahkan rekor Seeng (tempat menanak nasi tradisional) tertinggi dengan tinggi 2 meter, rekor menarik mobil dengan mulut oleh seorang perempuan dan rekor debus terekstrim dengan menggunakan gergaji mesin dan berguling di atas duri pohon salak sepanjang 50 meter.

    Secara simbolis, Taufik menyerahkan Golok Barlen produk Tanjungsiang Subang kepada Bupati Subang dengan disaksikan oleh Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni dan Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang dan seniman Subang. (HMS)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus