Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dengan TMMD, kesejahteraan masyarakat meningkat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25043.jpg
    Saat memasuki lapangan, bupati Eka disambut anak-anak sekolah

    SUMEDANG-Sejak bergulirnya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sekitar tahun 1980/1981 sampai saat ini,  telah berhasil menunjukkan keberhasilan dalam hal membangun berbagai prasarana fisik yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Terlebih lagi, keberadaan program TMMD juga semakin memantapkan kadar kemanunggalan antara komponen Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan aparat pemerintah dengan rakyat dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan aspirasi masyarakat.

    Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan dalam amanatnya saat menjadi Inspektur pada upacara pembukaan TMMD ke-100 yang digelar di Lapangan Dusun Margalaksana Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari, Rabu, (27/9/2017), pagi.  

    Dituturkan Eka, dilihat dari berbagai pembangunan terutama pembangunan fisik yang telah berhasil dilaksanakan melalui program TMMD, seluruh pembangunannya dinilai telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti halnya saja pembangunan yang dilaksanakan dalam TMMD ke-100 di Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari yang akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan mulai dari tanggal 27 September s.d. 26 Oktober mendatang tersebut, dimana melalui program itu telah dibangun diantaranya pengerjaan pelebaran jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter, jembatan dan normalisasi sungai Cibarewok serta gorong-gorong, selain juga melaksanakan sasaran tambahan seperti pembangunan satu rumah tidak layak huni, pembangunan bak air bersih, rehab Masjid Al-Barokah dan rehab Poskamling.

    “Sebagaimana yang dipaparkan Pak Dandim (I Made Mertha Yasa) pada saat pemaparan barusan, dalam TMMD kali ini yang pelaksanaan pembangunannya telah dilaksanakan sejak Pra TMMD pada tanggal 12 Juli sampai dengan kemarin (26 September), telah dilaksanakan berbagai pembangunan diantaranya pengerjaan pelebaran jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter, jembatan IWF dan oplit pengerjaanya baru 75 persen, sayap jembatan dan normalisasi sungai sudah 100 persen serta gorong-gorong 95 persen, dan seluruh pengerjaannya akan dituntaskan dalam sebulan ke depan, yang saya kira semua pembangunan yang dikerjakan tersebut telah sesuai juga dengan kebutuhan masyarakat di sini,” beber Eka.

    Lebih jauh Eka menerangkan, bahwa telah menjadi komitmen TNI, yang mana program TNI manunggal seyogyanya mengemban misi sosial dalam konteks pembangunan nasional, yang senantiasa berorientasi pada upaya guna mengatasi kesulitan masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan segenap potensi sumber daya masyarakat desa, khususnya menumbuhkan sikap kemandirian dan rasa peduli serta tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

    “Berdasarkan komitmen tersebut, maka pada kesempatan ini saya mengingatkan bahwa sasaran TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Sukarapih ini, hendaknya lebih dipandang sebagai pemicu dan motivasi bagi kita semua, untuk leibh bersikap obyektif dan realistis, yang hal tersebut akan sangat menjembatani perwujudan persatuan dan kesatuan antar komponen bangsa sebagai faktor penentu dalam mengatasi dan menjawab setiap tantangan dan permasalahan di masyarakat,” terang Eka.

    Sementara itu, Dandim 0610 Sumedang, I Made Mertha Yasa selaku Dansatgas TMMD Wilayah Kab. Sumedang membeberkan, pada kegiatan TMMD di Sukarapih saat ini pihaknya melibatkan Satuan TNI Gabungan sebanyak 150 personil, yang terdiri dari SSK TNI sebanyak 110 orang dan SST Tim Penyuluh sebanyak 40 orang, dengan anggaran kegiatan yang bersumber dari APBD Murni 2017 berikut perubahannya sekitar 800 juta rupiah, serta Swadaya Murni masyarakat yang meliputi material dan hibah tanah masyarakat seluas 44 Tumbak yang seluruhnya hasil swadaya murni tersebut apabila diuangkan mencapai sekitar 197 juta rupiah.

    "Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada  masyarakat yang telah mendukung seluruh proses pada pelaksanaan TMMD kali ini. Semoga seluruh kegiatan yang akan kita kerjakan juga dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat berdaya guna bagi warga masyarakat sukarapih khususnya dan warga sumedang umumnya," tukasnya.

    Pada TMMD yang diselenggarakan saat itu, Bupati Eka juga menyerahkan sebanyak 100 paket sembako bagi masyarakat Desa Sukarapih serta penyerahan bantuan benih dan bibit bawang merah dan cabe pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sukarapih.

    Seusainya pelaksanaan upacara pembukaan TMMD, Bupati Eka dengan didampingi oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lain seperti Kapolres dan Dandim 0610 serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Camat dan Kepala Desa Sukasari melakukan peninjauan Pelayanan Satu Atap yaitu pelayanan KB Kesehatan, pengobatan massal, pelayanan SIM Kolektif yang dilanjutkan melakukan peninjauan lokasi TMMD serta penanaman benih Jagung Hibrida di kawasan lokasi TMMD.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus