Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perlindungan Konsumen dari Penipuan, Perlu Payung Hukum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25044.jpg

    BANDUNG-Disperindag Jabar untuk meningkatkan perlindungan konsumen kepada masyarakat , Rabu (27/9) menggelar edukasi konsumen cerdas.

    Kegiatan yang berlangsung di Hotel Topaz, Jalan Pasteur dibuka Plt. Kadis Perindag Jabar, Dr. Hening Widiatmoko. Kegiatan tersebut diikuti 100 orang siswa dari SMA N 1 dan SMA 7 Kota Bandung.

    Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Hening mengungkapkan diselenggarakannya edukasi konsumen dengan sasaran siswa dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa atas peraturan yang mengatur perlindungan konsumen dalam hal ini UU Nomor 8 Tahun 1999.

    Siswa merupakan bagian dari masyarakat dipandang perlu untuk memahami aturan soal Perlindungan konsumen.

    Dalam konteks perkembangan pemanfaatan IT trend belanja masyarakat kini sudah banyak menggunakan "online".

    Kondisi ini, papar Hening membawa tantangan agar ada payung hukum yang bisa mengayomi masyarakat jika ada kerugian akibat belanja online seperti kasus penipuan.

    Aturan yang saat ini bisa digunakan adalah UU tentang ITE. Namun, aturan yang ada masih perlu dilengkapi dengan Peraturan Pemerintah, dimana saat ini masih dalam tahap pembahasan RPP.

    Dalam RPP tersebut sudah dirancang adanya aturan yang mengatur soal E-Commerce.

    Dengan belum lengkapnya payung hukum yang mengatur soal E-Commerce kendati ada kasus yang muncul tindakan hukum baru terbatas pemblokiran pada situs yang digunakan penipu tersebut.

    Hening dalam bagian lain keterangannya mengatakan untuk meminimalisir terjadinya penipuan dalam praktek belanja online, masyarakat hanya menggunakan belanja online yang menggunakan "Portal Resmi

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus