Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Produktivitas Ikan Tawar Jabar Terbesar di Indonesia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25082.jpg

    BANDUNG-Produktivitas ikan air tawar di Jawa Barat terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 900 ribu ton per tahun. Sebelumnya produktivitas ikan Jabar hanya mencapai 100 ribu ekor. Namun setelah menerapkan sistem corong bisa mencapai ratusan ribu ton.  

    "Secara nasional, produktivitas ikan air tawar di Jawa Barat terbesar bisa mencapai 900 ribu ton per tahun. Bahkan Bibit benih ikan di Jabar bisa memasok provinsi lain,"katanya kepada wartawan di gedung Sate Bandung, Jumat (29/9/2017) 

    Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jabar akan menanam bibit ikan diperairan terbuka sebanyak 60 juta ekor. Dengan jenis ikan endemik seperti Tawes, Nilem, Tamakan, Nila, Kancra, Bandeng, Mas dan ikan Patin. 

    "Kemarin kita melepas ikan di kawasan Jatigede sebanak 4,2 juta ekor ditambah sebelumnya 27 juta ekor sehingga genap dua tahun di Jatigede 30 juta ekor,"tutur Gubernur Jabar.

    Adapun, salah satu syarat mencetak generasi yang handal yaitu terpenuhinya kebutuhan proteinnya setiap hari.

    Aher mengatakan, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan proteinnya dengan mengkonsumsi ikan. Masyarakat pada umumnya lebih mengenal ikan yang sering beredar di pasaran seperti ikan Nila, Mujair, Lele dan sebagainya. 

    Sementara itu, Jawa Barat memiliki potensi ikan lain seperti Bandeng, termasuk ikan endemiknaslu Jawa Barat diantaranya ikan Tawes, Nilem, Tamakan yang harus lebih diperkenalkan kepada masyarakat. 

    Selain memiliki ptotein tinggi terdapat juga jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi yangbtingginyaitu ikan Kancra. Bahkan pada saat tertentu ikan bisa dijadikan potensi wisata seperti di Thailand dan Vietnam. 

    "Selain ikan yang sering beredar. Perlu disosialisasikan juga kepada masyaralat ikan endemik asli Jawa Barat,"pungkasnya. (MAT) 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus