Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kasus Pendampingan Hukum Terbanyak Adalah Narkoba

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25170.jpg

    BANDUNG – Narkotika dan Obat Berbahaya (Narkoba) menjadi penyebab banyaknya kasus kriminalitas di Indonesia. Bahkan kebanyakan pelakunya adalah masyarakat yang kurang mampu sehingga membutuhkan bantuan hukum gratis.

    Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM, Eni Murbaningsih mengatakan kasus terbesar pendampingan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM bagi warga miskin adalah tindakan narkoba.

    “Hampir 80 persen kasus narkoba itu pelakunya warga miskin. Saya berharap dengan banyaknya desa dan kelurahan sadar hukum bisa mengurangi ini,” katanya di Gedung Sate Bandung, Rabu (4/10).

    Hal itu juga dapat terlihat dengan jelas dimana narapidana yang dipenjara sebagian besar karena tersangkut dengan kasus narkoba. Ia menyebutkan sekitar 75% narapidana terhukum karena penyalahgunaan narkoba.

    Kementerian Hukum dan HAM juga terus mengirimkan penyuluh hukum ke tingkat desa dan  kelurahan untuk memperbanyak desa dan kelurahan sadar hukum.

    Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan menambahkan dengan semakin banyak desa dan kelurahan sadar hukum, maka masyarakat akan semakin terbentengi dari kegiatan kriminal termasuk narkoba.

    “Narkoba itu sudah menyerang dimana-mana, kewaspadaan harus dilakukan sejak dari tingkat terbawah, keluarga,” tutupnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus