Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Upacara HUT TNI ke-72 Tk. Kab. Sumedang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25189.jpg

    KABSUMEDANG-Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari yang merupakan lokasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), dipilih juga menjadi lokasi Upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-72 Tingkat Kabupaten Sumedang, dimana kegiatan upacara diselenggarakan di Lapangan Bola Desa setempat, Kamis, (5/10/2017), pagi.

    Diterangkan Kapten Inf. Mohaji yang juga bertindak selaku Perwira Upacara pada kesempatan tersebut, bahwa hasil dari Rapat Koordinasi yang dilakukan di Markas Besar Angkatan Darat (MABES AD) menjelang pelaksanaan TMMD ke-100 Tingkat Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu, telah ditetapkan pula lokasi untuk menggelar Upacara HUT TNI ke-72 Tingkat Kab. Sumedang di daerah Program TMMD ke-100 Tk. Kab. Sumedang dilaksanakan, yaitu di Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari. 

    “Sesuai hasil dari Rakor yang dilaksanakan di Mabes AD beberapa waktu lalu, dalam hal pelaksanaan Upacara HUT TNI ke-72 Tahun 2017 ini telah ditetapkan untuk seluruh Komando Distrik Militer (KODIM) yang melaksanakan TMMD agar juga melaksanakan Upacara HUT TNI di daerah Program TMMD digelar,” ujarnya.

    Adapun kini, lanjut Mohaji, progress pekerjaan TMMD di Desa Sukarapih, telah mencapai angka 70 persen dengan menyisakan waktu pengerjaan sampai dengan tanggal 26 Oktober mendatang. “Pekerjaan kita di TMMD kali ini diantaranya pengerjaan pelebaran jalan sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter, jembatan dan normalisasi sungai Cibarewok serta gorong-gorong, selain juga melaksanakan sasaran tambahan seperti pembangunan satu rumah tidak layak huni, pembangunan bak air bersih, rehab Masjid Al-Barokah dan rehab Poskamling, rata-rata seluruhnya sudah mencapai 70 persen, dan kita optimis akan dapat merampungkan seluruh pekerjaan maksimal tanggal yang sudah ditetapkan,” terangnya.

    Sementara itu, terkait pelaksanaan Upacara dalam rangka HUT TNI ke-72 Tingkat Kab. Sumedang, menempatkan Bupati Sumedang H. Eka Setiawan sebagai Inspektur Upacara, dengan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya seperti Dandim 0610, I Made Mertha Yassa, Kapolres Sumedang, Hari Brata, dan Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang Wargo, serta Sekretaris Daerah Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin beserta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, para Camat, para Kepala Desa se-Kecamatan Sukasari,, para Prajurit TNI, Veteran dan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan di lingkungan Pemkab Sumedang selaku peserta Upacara.

    Bupati Eka yang membacakan amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, tema pokok pada kegiatan HUT TNI ke-72 saat ini adalah ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’, yang mengandung makna, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. “Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis,” ujarnya.

    Selanjutnya, dikatakan pula bahwa prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat saat ini, harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan di masa yang akan datang. Implementasinya, Prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, dimanapun Prajurit TNI berada dan bertugas.

    “Dari semua prestasi tersebut, tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya, tidak diragukan lagi dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan Institusi yang paling dipercaya,” beber Eka.

    Survei terakhir dilakukan oleh Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), bahwa masyarakat menilai TNI sebagai Institusi paling solid dan terpercaya. “Kondisi seperti ini tentunya hasil kerja estafet yang diukir oleh pimpinan TNI dan pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” Imbuhnya.

    Setelah menyampaikan ucapan selamat atas HUT TNI ke-72, Eka beserta tamu undangan lainnya kemudian menyaksikan beberapa penampilan seperti penampilan Drum Band dari TK Kartika Siliwangi KODIM 0610/Sumedang, Drama Kolosal gabungan anggota Kodim 0610 bersama siswa SMK Muhamadiyah I Sumedang, yang kemudian dilanjutkan dengan meninjau Pameran Alutsista di lokasi tempat dilaksanakannya upacara yang menampilkan berbagai alat perang yang dimiliki TNI, dan diakhiri dengan prosesi tiup lilin dan potong tumpeng oleh Bupati Sumedang bersama Forkopimda. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus