Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Terima 5 Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25213.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerima sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, di Gedung Kesenian Jakarta. 

    Sertifikat diterima Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida. Untuk tahun 2017 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat  ini menerima 5 sertifikat, yaitu seni Gembyung, Iket Sunda, Kolecer Jawa Barat, Leuit dan Nyangku.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida menjelaskan untuk pengajuan tahun depan WBTB akan dihimbau dan disosialisasikan ke seluruh kabupaten kota se-Jawa Barat agar diajukan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Minimal, untuk tahun depan Provinsi Jawa Barat bisa mengajukan ke pusat 27 WBTB. 

    "Dalam waktu dekat Disparbud Jabar akan berkoordinasi dengan kabupaten kota dalam pertemuan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sehingga, bisa ada sinergis antara kabupaten kota dan pemerintah provinsi,"katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (6/10/2017)

    Menurut Ida, jika melihat pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang hanya menaungi 4 kabupaten dan 1 kota, bisa mendapatkan 18 WBTB untuk tahun 2017 ini. Disana, untuk pengajuan WBTB dari kabupaten kota telah dianggarkan sehingga pada pelaksanaannya pun bisa lolos semuanya. 

    Tahun 2017, pemerintah provinsi Jawa Barat mengajukan 6 WBTB. Namun, satu seni Toleat tidak lolos dikarenakan belum berusia 55 tahun.  Meskipun demikian, seni Toleat ini akan kembali diusulkan kembali, karena berdasarkan penelusuran dan kajian, seni Toleat usianya sudah 55 tahun. 

    Untuk itu, dalam waktu dekat  Disparbud Jabar akan menghimbau kepada kabupaten/kota se-Jawa Barat minimal bisa mengajukan 1 seni budaya yang sudah pasti dan memenuhi kriteria untuk diusulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, agar ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.     

    Berdasarkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  pada tahun 2013 Warisan Budaya Tak Benda seluruh Indonesia yang ditetapkan sebanyak 77, tahun 2014 sebanyak 96 (89 WBTB Indonesia dan 7 Warisan Budaya Bersama), tahun 2015 sebanyak 121 dan tahun 2016 sebanyak 150.  

    Untuk Jawa Barat dari 2013 hingga 2017 yang sudah ditetapkan berdasarkan data dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu :
    1.    Angklung 
    2.    Wayang
    3.    Batik
    4.    Ronggeng Gunung
    5.    Sisingaan
    6.    Kujang
    7.    Calung
    8.    Sintren
    9.    Upacara Ngarot
    10.    Mamaos Cianjuran
    11.    Penca
    12.    Lukis Kaca Cirebon
    13.    Kelom Geulis
    14.    Lais Garut
    15.    Badeng
    16.    Rahengan
    17.    Ngalungsur Geni
    18.    Mapag Tamba
    19.    Seni Gembyung
    20.    Iket Sunda
    21.    Kolecer Jawa Barat
    22.    Leuit
    23.    Nyangku (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus