Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lutung Kasarung Akan Go International

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/lutung.jpg

    BANDUNG – Drama musikal Lutung Kasarung saat ini mulai digarap. Para pemainnya adalah para mojang jajaka Jawa Barat dan Mojang Jajaka Kabupaten Kota di Jawa Barat. Sutradaranya adalah actor film Didi Petet, sementara garapan musiknya dipercayakan kepada Ismet Sambasunda. Pementasan Drama Musikal Lutung Kasarung merupakan gagasan dari Wagub Jabar Macan Effendi (Dede Yusuf).

    “Daerah lain memiliki tema drama musikal yang diangkat dari legenda atau cerita daerah, mengapa Jawa Barat tidak? Padahal Jawa Barat kaya akan cerita daerah. Nah saya punya gagasan mengapa Cerita Lutung Kasarung yang juga menjadi film pertama Indonesia tidak diangkat ke dalam drama musikal? Agar bisa dikenal bukan hanya oleh rakyat Jawa Barat, tetapi juga oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia, dengan pengemasan yang berbeda” ujar Dede Yusuf.

    Menurut Dede, para mojang jajaka ini sengaja diberi peran agar mereka tidak hanya sebagai duta pariwisata saja, tetapi juga ikut aktif merasakan budayanya. Dengan itu, Dede berharap, para mojang jajaka itu bisa menambah wawasan tentang budaya daerahnya sendiri.

    “Mengapa mojang jajaka? Karena mereka saya pikir harus merasakan terjun langsung memelihara budaya lokal atau budaya daerahnya sendiri, tidak berhenti hanya sebagai duta pariwisata semata. Dengan ikut serta dalam drama musikal ini, saya yakin mereka akan memiliki kedekatan emosional yang lebih dengan daerahnya” kata Dede.

    Pementasan Drama Musikal Lutung Kasarung yang mengambil dari kisah sastra lisan Carita Pantun Lutung Kasarung itu, kerjasama antara Yayasan Mojang Jajaka Jabar, dan Yayasan Prima Ardian Tana. Rencananya Drama Musikal Lutung Kasarung akan dipentaskan di Bandung bulan Oktober 2011, dan juga di Singapura, tahun berikutnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus