Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pertumbuhan Ekonomi Jabar Alami Sedikit Penurunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25252.jpg

    BANDUNG–Hasil survey Bank Indonesia Jabar mengindikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat pada triwulan III – 2017 diperkirakan masih terjaga meskipun mengalami sedikit penurunan.

    Hal itu tercermin dari tiga survey yang dilakukan oleh BI Jabar yakni survey kegiatan dunia usaha, survey penjualan eceran dan survey konsumen.

    Kepala Perwakilan BI Jabar Wiwiek S Widayat mengatakan pada survey dunia usaha mengindikasikan kegiatan usaha tumbuh melambat dengan saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 13,02%, lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yakni sebesar 18,3%.

    “Dua sector utama yang menjadi penyebab perlambatan  adalah sector industri pengolahan dan sector pedagangan, hotel dan restoran,” katanya di Bandung, Senin (9/10).

    Survei penjualan eceran juga mengindikasikan keterlambatan konsumsi rumah tangga yang bersifat ritel. Ini mengindikasikan masih terjadi kondisi daya beli yang rendah dari masyarakat.

    Sementara survey konsumen mengindikasikan masih terjaganya optimism komsumen meski mengalami penurunan indeks keyakinan konsumken dari 129 menjadi 125.

    “Masih diatas 100 artinya masih ada optimism,” tegasnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus