Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Dukung PUG

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/konsolidasi-nakertran23.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung upaya percepatan pemberdayaan perempuan dalam kerangka mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan melalui kebijakan dan program.  Apalagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki komitmen tinggi untuk mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015, yakni menghilangkan ketimpangan gender di tingkat pendidikan dasar dan lanjutan serta di semua jenjang pendidikan sebelum tahun 2015. Tentunya kondisi tersebut semakin membaik yang ditunjukan dengan angka rasio partisipasi pendidikan dan tingkat melek aksara penduduk perempuan terhadap penduduk laki-laki.
     
    “Disamping itu, salah satu indikator meningkatnya partisipasi masyarakat terkait pengarusutamaan gender (PUG) adalah semakin menguatnya jejaring organisasi perempuan di Jawa Barat. Dengan jejaring yang kuat dan banyak akan semakin memudahkan partisipasi perempuan dalam pembangunan,” tegas Heryawan usai Roadshow Konsep Gender dalam Pelaksanaan Kehidupan Berkeluarga-Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Pemprov Jawa Barat bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) Linda Amalia Sari Gumelar di Ruang Sanggabuana Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (20/6).
     
    Untuk itu, lanjut Heryawan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) terus mengupayakan implementasi Instruksi Presiden no.9/2000 tentang PUG dalam Pembangunan Nasional, serta Permendagri No.15/2008 tentang Pedoman Umum PUG di Daerah. Usaha tersebut membuahkan hasil dengan capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Jawa Barat menunjukan peningkatan. Berdasarkan data BPPKB Jabar, tahun 2009 IPG mencapai 61,84 poin, sementara IDG sebesar 55,77 poin. “Ada peningkatan capaian IDG, yang semula tahun 2008 sebesar 55,51, meningkat di tahun 2009 sebesar 0,26 poin atau mencapai 55,71,” tuturnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus