Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kampung KB di Jabar Capai 600 lokasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25340.jpg

    BANDUNG-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jabar terus menambah jumlah Kampung KB untuk meningkatkan keberhasilan program pengendalian jumlah penduduk.

    Kepala BKKBN Sukaryo Teguh mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 600 kampung KB di Jabar namun jumlahnya masih harus terus ditambah.

    "Idealnya satu kampung KB ada disetiap Kecamatan," ujarnya dalam diskusi dengan wartawan di Bandung, Jumah (13/10).

    Ia mengatakan Kampung KB bukan semata-mata untuk pengendalian jumlah penduduk didaerah tersebut, namun juga menjadi lokasi pemberdayaan masyarakat, termasuk kesehatan dan infratruktur.

    "Jadi bukan hanya BKKBN yang bisa masuk disini, bisa dari dinas kesehatannya, pemberdayaan perempuan , pendidikan , lintas sektoral bisa membuat program disini," tegas dia.

    Jabar menurutnya menjadi pelopor KAmpung KB, dimana muncul di Kabupaten Sumedang tahun 80-an. Kemudian bebrapa kampung KB muncul hingga akhirnya akhir tahun 2015, Kampung KB menjadi program nasional.

    "Kampung KB ini tujuannya untuk memperkuat fungsi keluarga, menumbuhkan kembali sifat gotong royonh antar masyarakat dan menjadi pintu masuk lintas sektoral dalam pemberdayaan masyarakat," tegas dia.

    Selain menambahy Kampung KB, jumlah kader KB di Jabar juga akan terus ditambah. Idealnya jumlah kader KB di Jabar mencapai 6.000 orang, namun saat ini jumlahnya baru sekitar 3000 orang. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus