Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menpar Sebut Geopark Ciletuh Palabuhanratu Harus Digarap Serius

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25349.jpg
    Menper Arief Yahya, sebelah kiri pakai topi putih

    KAB.SUKABUMI-Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya sepertinya benar-benar kepincut dengan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Saat membuka Kejuaraan Surfing berskala internasional, Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT 2017), Sabtu (14/10/2017) dia berulang-ulang mengatakan bahwa Geopark Ciletuh harus digarap serius. Destinasinya pun harus terus didorong ke level dunia.

    "Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini sangat bagus. Even Amazing Geopark Adventure Tourism juga sangat bagus. Dua-duanya harus dikelola secara profesional agar mencapai sasaran yang optimal," kata Menpar 

    Pada awal Agustus 2017, Geopark ini sudah dinilai tim UNESCO. Bila dinyatakan lulus, Ciletuh akan dilambungkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) dan menjadi destinasi wisata dunia. 

    "Faktanya, Geopark Ciletuh Palabuhanratu memang sangat oke. Modalnya sudah sangat kuat. Potensinya juga sangat besar. Keindahan alamnya lengkap, ada landscape, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. Karena itu harus cepat dikembangkan, agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakatnya,” jelas Arief 

    Dia menjelaskan destinasi yang dikelilingi hamparan hamparan alluvial dengan batuan unik dan pemandangan yang indah, juga punya pantai yang bagus bahkan punya ombak yang disukai surfer-surfer dunia. 

    "Tengok saja Pantai Cimaja. Pantai yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu itu terpilih sebagai lokasi lomba Surfing berskala internasional, Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT 2017). Sebanyak 14 surfer pro internasional ambil bagian di even ini,"papar Arief

    Tema yang diusung pun sangat oke. “Cimaja Geosurf Challenge, Our Amazing Adventure”. Semua seakan diajak berselancar di tempat petualangan yang luar biasa.  

    “Yang penting semua harus dilaksanakan dengan standar global agar dapat menjadi daya tarik wisatawan. Tanggalnya juga harus pasti sehingga tidak mengecewakan wisatawan,” tutur Arief

    Menpar Arief juga menyebut, event ini jadi momentum bagi para stakeholder pariwisata (pemerintah, industri pariwisata, dan masyarakat) untuk membangun kepariwisataan yang mengedepankan pertumbuhan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, serta menghapus kemiskinan di sekitar destinasi pariwisata.

    “Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah mempromosikan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu kepada dunia. Kita harus aktif dalam konferensi jaringan geopark dunia dan pelaksanaan event internasional seperti Cimaja Geosurf Challenge, Our Amazing Adventure ini,”pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus