Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    September 2018, Geopark Ciletuh Palabuhanratu Bakal Jadi Destinasi Wisata Dunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25366.jpg
    Festival seni budaya Ciletuh

    BANDUNG-Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu akan mendapatkan predikat Unesco Global Geopark sehingga menjadi salah satu destinasi wisata internasional pada September 2018.

    Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyebutkan dalam mempersiapkan Geopark Ciletuh Palabuhanratu sebagai destinasi wisata dunia maka dibutuhkan tiga unsur yang wajib ada di wilayah itu diantaranya Biodiversity, Geodiversity dan Culturediversity. 

    "Ini semua ada di Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Kita sudah keliling dari mulai Ciptagelar,"katanya kepada wartawan  di pantai Cimaja, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Sabtu (14/10/2017) 

    Deddy menilai keberadaan tiga unsur tersebut maka tidak salah jika dirinya menyebut Geopark Ciletuh Palabuhanratu seperti emperan surga. Meskipun potensinya selama bertahun-tahun belum tergali dengan optimal.

    "Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini seperti emperan surga, bagaikan raksasa, bertahun-tahun belum tergali. Padahal potensi alamnya luar biasa,"ucap Wagub Jabar

    Menurut Demiz sapaan Wagub Jabar, Deddy Mizwar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk pertama kalinya mengadakan event kebudayaan di kawasan Geopark Cileruh Palabuhanratu pada 2015 silam. Di luar perkiraan pengunjung event tersebut sangat banyak. Meskipun promosi yang dilakukan Pemprov Jabar masih minim.

    "Waktu itu kawasan ini macet total karena banyaknya wisatawan yang datang. Itu promosinya masih minim, bagaimana kalau dibantu promosi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar pada waktu itu,"jelas Deddy. 

    Melihat antusiasme wisatawan yang begitu tinggi, kata Demiz, maka Pemprov Jabar bertekad mempercepat infrastruktur kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi.

    "Sekarang sudah ada jalan tembus dari Loji ke Palangpang. Dulu1,5 jam dari Palabuhanratu ke Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu tapi sekarang hanya butuh 45 menit saja,"tutur Demiz 

    Demiz menambahkan pihaknya akan menggelar Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival (CGF) 2017 ke 3 pada
    9 Desember 2017 yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sekaligus menetapkan lokasi bandara yang akan dibangun pada 2018. Demiz pun meminta kepada presiden untuk menyempatkan waktunya melihat potensi Pelabuhan Ratu.

    "Kalau bisa seharian pak Presiden berada di Palabuhanratu karena begitu banyak potensi wisata di sana yang harus dilihat"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus