Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ratusan Warga Desa Cikondang Antusias Ikuti Gerak Jalan Santai

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25367.jpg

    KABSUMEDANG-Ratusan warga Desa Cikondang mulai dari anak-anak, remaja hingga lanjut usia terlihat antusias mengikuti gerak jalan santai dalam rangka memeriahkan hari jadi desa Cikondang yang ke-34. Kegiatan yang tersebut dilepas secara resmi oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawan di Depan Kantor Desa Cikondang, sabtu (14/10/2017).

    Hadir dalam kesempatan tersebut Para kepala OPD, Para Kepala Bagian, Camat Ganeas Iman Kardiman S.Sos., M.Si, Unsur Muspika Kecamatan Ganeas, Para Kepala Desa se-Kecamatan Ganeas, para Purna Bakti Kepala Desa Cikondang, Para Kepala dusun, para Kepala UPT, para sesepuh, tokoh masyarakat serta warga masyarakat Desa Cikondang.

    Gerak Jalan santai ini memiliki jarak tempuh 2 kilometer dengan rute start dimulai dari Kantor desa cikondang menuju Desa Cigobang dan kembali Finish di Kantor desa Cikondang. Disamping kegiatan gerak jalan santai, sejumlah rangkaian acara lain telah dipersiapkan oleh pihak panitia dimulai dari lomba Liwet, Lomba Makanan Khas dan pagelaran seni.

    Kepala desa Cikondang, Yoyoy Saepudin. Dalam laporannya menyampaikan bahwa, Desa Cikondang merupakan Pemekaran dari desa Gunasari. Saat ini Desa Cikondang terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Sulambitan, Dusun Cikondang, Dusun Cigobang dan yang terjauh adalah Dusun Batugara. Secara kewilayahan, Desa Cikondang merupakan daerah agraris. Aktivitas masyarakatnya sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, peternak dan sebagian lagi bermata pencaharian sebagai pembuat Gula Aren.

    Lebih lanjut Yoyoy memaparkan, di usianya yang saat ini sudah menginjak 34 tahun, Desa Cikondang sudah mengalami 4 kali pergantian kepala Desa. Menurutnya Keberhasilan desa Cikondang tidak terlepas kepemimpinan dari para kepala desa sebelumnya.

    “Moal aya tiasa Cikondang pami teu aya marantena, Semoga dengan Kedatangan Bupati pada peringatan hari jadi desa cikondang ini merupakan bentuk perhatian kepada desa cikondang sekaligus memberikan semangat bagi kita untuk meneruskan tongkat estafes keberhasilan dan prestasi Desa Cikondang berkat para sesepuh dan kepala desa sebelumnya” ucapnya

    Sementara itu, Bupati sumedang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa dan seluruh warga masyarakat Desa Cikondang, atas berbagai keberhasilan yang telah diraih.

    “Saya melihat Desa Cikondang masyarakatnya cukup sejahtera. Keberhasilan Ini tentunya adalah hasil dari kerjasama yang baik antara kepala desa, babinsa, dan babinkantibmas. Oleh karena itu saya doakan, kepala desa, babinsa, babinkamtimas dan seluruh warga masyarakat desa Cikondang selalu kompak. ”ucapnya.

    Terkait dengan rusaknya akses jalan menuju Dusun batugara yang dilalui sepanjang perjalanan, ia pun berjanji untuk bisa segera memperbaiki infrastruktur secara bertahap. “Terkait jalan rusak, memang ini menjadi salah satu PR (Pekerjaan Rumah) saya selaku Bupati. Mudah-mudahan secara bertahap jalan rusak menuju Desa Cikondang khususnya yang berada di dusun Batugara dan Cigobang ini juga bisa segera dilakukan perbaikan,” tukasnya.

    Selepas acara seremonial, pada kesempatan tersebut Bupati Eka pun melakukan pengundian doorprize dan menyerahkan berbagai hadiah kepada para pemenang di berbagai lomba yang diselenggarakan dalam rangka hari jadi Desa tersebut, yaitu pemberian hadiah kepada juara lomba liwet , Juara Lomba Makanan Khas, yang dilanjutkan dengan peninjauan industri rumahan gula aren yang berasal dari dusun Batugara Kecamatan Ganeas.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus