Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Jabar Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25551.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berkomitmen akan terus mensosialisasikan deteksi dini penyakit kanker Serviks dan payudara. Mengingat kedua jenis penyakit tidak menular ini yang  mengancam kesehatan perempuan.

    Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetyani Heryawan menjelaskan bahhwa bulan Oktober merupakan bulan deteksi dini kanker sehingga apa yang menjadi harapan ibu negara, Iriana Joko Widodo sejak 2015, maka tim penggerak PKK Jawa Barat termasuk seluruh komponen masyarakat dilibatkan untuk secara aktif mensosialisasikan tentang pentingnya deteksi dini kanker khususnya kanker serviks dan payudara. 

    "Mengingat hari ini yang menjadi salah satu ancaman pembunuh kaum perempuan adalah kanker servik dan kanker payudara," katanya kepada wartawan di Gedung Sate Bandung, Senin (30/10/2017).

    Oleh karena itu, Pemprov Jabar bertekad untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan. Netty menyebutkan salah satu yang harus dilakukan dalam bidang pembangunan kesehatan adalah deteksi dini kanker serviks dan payudara.

    "Tentu saja kegiatan deteksi dini dan pemeriksaan harus dilakukan. Termasuk sosialisasi ke berbagai tempat terus kita lakukan. Hanya hari ini adalah pencanangan di tingkat Provinsi Jawa Barat dengan sasaran Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan," jelas Netty.

    Netty mengungkapkan ASN perempuan di lingkungan Pemprov Jabar tersebut didata dan dimobilisasi untuk mau melakukan pemeriksaan dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) yang menjadi salah satu cara untuk mengetahui deteksi dini kanker serviks.

    Selain itu, diadakan talkshow sehingga bisa menambah pengetahuan dan deteksi dini tentang kanker serviks dan payudara sehingga bisa diketahui luas oleh masyarakat.

    Tim PKK Jabar juga memperluas akan pentingnya imunisasi atau pemberian vaksin HPP bagi remaja puteri sehingga secara dini sudah dibentengi dari virus yang paling banyak membunuh perempuan lewat kanker serviks.

    "Kita juga melibatkan Dinas Pendidikan Jabar mengingat deteksi dini kanker dan payudara ini juga bisa  dilakukan oleh para siswa siswi di seluruh jenjang pendidikan akan pentingnya memelihara alat kesehatan reproduksi," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus