Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hormati Lansia, Pemkot Bandung Gratiskan Transportasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25583.jpg

    BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung akan menggratiskan penggunaan kendaraan umum untuk warga yang berusia lanjut (lansia). Hal ini dilakukan sebagai wujud pemuliaan negara terhadap kelompok warga tersebut. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, pihaknya akan membebaskan lansia dari biaya penggunaan transportasi umum. 

    Menurutnya, hal ini sebagai langkah nyata pemerintah dalam menunjukkan keberpihakan kepada lansia. Langkah inipun merupakan bukti pihaknya dalam menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

    "Syariat agama untuk memuliakan orang tua," kata Emil di Bandung, Selasa (31/10). 

    Emil memastikan, Pemerintah Kota Bandung sangat serius untuk memuliakan warganya yang berusia lanjut. Hal ini dibuktikan dengan telah dikukuhkannya Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kota Bandung. Emil memastikan, Kota Bandung menjadi satu-satunya kota yang memiliki layanan khusus warga lansia. Dia optimistis, dengan adanya unit kerja khusus lansia ini, pelayanan terhadap kelompok warga tersebut akan semakin maksimal.

    "Setelah ada bidang khusus, lansia di kota Bandung ini terakomodir dan diurus secara baik," ujarnya. 

    Selain transportasi, dia memastikan lansia akan diistimewakan dalam bidang kesehatan serta kehidupan sehari-harinya. Emil menjelaskan, untuk mencapai kota ramah lansia, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti adanya ruang terbuka, perumahan, dan inklusi keterlibatan sosial. Bahkan, pihaknya pun berkeinginan agar warga lansia masih bisa produktif. Selain sebagai aktivitas sehari-hari agar tidak jenuh, lansia pun akan mendapat penghasilan. 

    "Saya akan mempekerjakan lansia fisik yang tidak terlalu repot. Bahasanya ngurus taman, bersih-bersih, itu kan bisa dicoba. Bandung ya bersih, lansia juga punya kegiatan," paparnya seraya menyebut keberadaan Komda Lansia berfungsi untuk mewujudkan program-program tersebut. 

    Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Supandi mengatakan, Komda Lansia dibentuk untuk menguatkan program-program yang digulirkan khusus warga berusia lanjut. Dengan adanya unit khusus, akan menguatkan program-program agar sesuai dengan kebutuhan lansia. Komda Lansia inipun berfungsi untuk memberi arahan kepada masyarakat agar berpeluang memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

    "Ketika sudah mendekati usia di atas 60 tahun, berarti harus diperbaiki pola hidupnya," katanya. Dia menambahkan, angka usia harapan hidup warga Bandung sudah meningkat, di atas 74 tahun. "Ini di atas rata-rata nasional," katanya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus