Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Indonesia Negara Maritim dengan Kepulauan Terbesar di Dunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25632.jpg

    BANDUNG- Indonesia dikenal sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang sangat banyak, khususnya di bidang kemaritiman. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terdiri dari 17.499 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km dan luas perairannya terdiri dari laut teritorial, perairan kepulauan dan perairan pedalaman seluas 2,7 juta km atau 70% dari luas wilayah NKRI.

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia (Menko Maritim), Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan Indonesia juga memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 3,1 km2 yang menambah luas wilayah laut Indonesia menjadi 5,8 juta km2.

    "Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara berciri maritim," kata Luhut di Kampus Unpad Bandung, Jumat (3/11/2017).

    Luhut menyebutkan berdasarkan UNCLOS 1982, secara tidak langsung mengukuhkan Indonesia sebagai negara kepulauan sehingga sudah sepatutnya seluruh aspek kehidupan dan penyelenggaraan negara perlu mempertimbangkan geostrategik, geopolitik, geoekonomi serta geososial budaya sebagai negara kepulauan. 

    "Indonesia juga memperoleh hak dan kewenangan memanfaatkan ZEE seluas 2,7 km2 yang menyangkut eksplorasi, eksploitasi dan pengelolaan sumber daya hayati dan non hayati, penelitian dan yuridiksi, mendirikan instalasi maupun pulau buatan," jelas Luhut.

    Ditinjau dari segi geostrategik, negara maritim ini memiliki konfigurasi yang unik dan sekaligus sangat menantang karena memiliki posisi silang yang diapit dua benua dan dua samudera.

    "Dengan posisi strategis ini menyebabkan alur laut Indonesia menjadi jalur yang sangat penting baik bagi pelayaran nasional maupun internasional," ungkap Luhut.

    Menko Maritim menambahkan Indonesia memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam hubungan dengan dunia internasional sebagai 'center of gravity' kawasan Asia Pasifik.

    "Dampak negatifnya dengan kondisi tersebut Indonesia memiliki tingkat kerawanan yang tinggi terhadap ancaman dari dalam maupun luar karena begitu terbuka dan tersebarnya pulau-pulau di Indonesia," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus