Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Suara Degung Mengalun Kembali di Rumentang Siang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25647.jpg

    BANDUNG-Suara degung, musik tradisional Sunda yang sudah terbilang langka, kembali mengalun di Gedung Kesenian Rumentang Siang Kota Bandung, paling tidak selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 4-5 November 2017. 

    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar tengah punya hajat di sana: Pasanggiri Degung Tingkat Remaja SMA SMK se-Jabar, memperebutkan piala bergilir RAA Wiranatakusumah. 

    Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dalam sambutan pembukaannya menegaskan, komitmen Pemprov Jabar untuk melestarikan Degung.

    "Selama ada Pemprov, selama ada ISBI dan semua pecinta seni tradisional, kegiatan seperti ini tidak pernah akan berhenti" ujarnya, disambut tepuk tangan hadirin.

    Menurut Demiz sebagai generasi penerus sudah sepantasnya memelihara peninggalan budaya tak ternilai itu. Salah satunya melalui kegiatan Pasanggiri.

    "Ini salah satu bentuk penghormatan kita pada Raden Arya Adipati Wiranatakusumah yang telah mengenalkan degung pada masyarakat kebanyakan, yang tadinya hanya milik priyayi. Dan juga bentuk hormat kita kepada para penerusnya, tokoh-tokoh seni karawitan Sunda yang telah mengembanigkan degung hingga saat ini masih eksis" ungkapnya.

    Pasanggiri Degung tingkat remaja SMA SMK se-Jabar piala bergilir RAA Wiranatakusumah digelar Disparbud Jabar bekerjasama dengan perguruan tinggi ISBI, digelar untuk ketiga kalinya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus