Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Restauran Indonesia Harus bisa Tembus ke Manca Negara

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25683.jpg

    BANDUNG-Sejalan dengan pertumbuhan sektor pariwisata maka kebutuhan tenaga kerja pun meningkat. Inilah kesempatan untuk menjalani pekerjaan di bidang pariwisata.

    "Kita lihat perkembangannya banyak restauran manca negara yang bertebaran di seantero mall di Indonesia. Maka saya ingin ke depannya restauran Indonesia bisa tembus ke manca negara,"kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur kepada wartawan di Bandung, Senin (6/11/2017)

    Menurut Asman, ada beberapa hal  yang perlu diperhatikan agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing, yakni kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. 

    Komunikasi adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan pekerjaan karena sektor pariwisata banyak berhubungan dengan wisatawan manca negara atau mitra kerja internasional.

    "Maka kemampuan dalam berbahasa Inggris yang baik adalah sebuah keharusan. Banyak tenaga kerja kita kalah bersaing karena oenguasaaan bahasa Inggris yang lemas,"jelasnya

    Kedua, etos kerja dimana tenaga kerja asing memiliki kinerja yang lebih baik seperti ulet, kuat, disiplin tinggi dan berkinerja baik karena itu lebih disukai perusahaan.

    Ketiga, kemampuan manajerial seperti pemimpin yang mengkoordinasikan, mengatur, memberi motivasi, mempengaruhi orang lain dan bernegosiasi menjadi kebutuhan dalam pasar tenaga kerja. 

    Keempat, kemampuan untuk cepat beradaptasi. Pada umumnya perusahaan membutuhkan orang yang bisa cepat betadaptasi karena perusahaan memerlukan tenaga kerja yang memiliki kinerja cepat dan baik. 

    Kelima, keinginan untuk selalu belajar. Pegawai agar terus meninhkatkan kemampuannya dengan belajar. Pegawai yang memiliki keinginan untuk belajar tinggi akan sangat dihargai oleh perusahaan.

    Keenam, kreativitas dan inovasi. Perusahaan juga membutuhkan pegawai yang kreatif dan inovatif dengan menciptakan terobosan baru yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan.

    Ketujuh, perusahaan membutuhkan pegawai yang memiliki integritas. Dalam industri pariwisata dikenal dengan istilah Hospitality Industries yang membutuhkan orang-orang berintegritas 

    Asman menambahkan, bidang kepariwisataan juga membutuhkan pegawai yang memiliki kepekaan yang tinggi terhadap pelanggan dan lingkungan pekerjaan. Industri pariwisata juga membutuhkan pegawai yang mampu dengan cepat melihat apa yang dibutuhkan pelanggan. 

    "Mereka merupakan pegawai yang sopan, jujur, ramah dan beretika yang menyebabkan wisatawan akan berkunjung kembali ke lokasi wisata,"punkasnya (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus