Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kecamatan Surian dan 16 Desa di Kabupaten Sumedang Deklarasikan ODF

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25821.jpg

    Sumedang-Camat Surian, Drs. Bahrudin, M.Si beserta 16 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Sumedang mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 yang diselenggarakan di lapangan Induk Pusat pemerintahan, Senin (13/11).

    Upacara diselenggarakan dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekda Kab. Sumedang, Zaenal Alimin, MM, para camat, tokoh kesehatan, unsur perbankan, organisasi profesi kesehatan, PMI, DWP, PKK, BPJS serta undangan terkait.

    Ke 16 desa yang mendeklarasikann ODF adalah Desa Ranggasari Kecamatan Surian, Desa Nanjuungwangi Kecamatan Surian, Desa Cikurubuk Kecamatan Buah dua, Desa Mekarmukti Kecamatan Buahdua, Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja, Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Desa Karangpakuwan Kecamatan Darmaraja, Desa Malaka Kecamatan Situraja, Desa
    Sindangsari Kecamatan Sukasari, Desa Sukasari Kecamatan Sukasari, Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari, desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari, Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari, Desa Marongge Kecamatan Tomo, Desa Karyamukti Kecamatan Tomo dan Desa Tomo Kecamatan Tomo.

    Dikatakan Retno Ernawati, S.Sos selaku Kepala Dinas Kesehatan deklarasi ODF dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang pada peringatan HKN KE-53.

    “Tema dari HKN KE-53 Tahun 2017 adalah ‘’sehat keluargaku sehat indonesiaku”. Dengan tema ini, diharapkan bisa menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan untuk merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan, baik promotif, preventatif, kuratif maupun rehabilitatif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat,”kata Retno.

    Disampaikan Retno, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang selama ini telah banyak meraih berbagai macam prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

    “Pada tingkat nasional, kita sudah memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia dalam hal sistem inovasi pelayanan publik dalam posisi top 40, kemudian ditingkat provinsi, kita juga sudah memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai kabupaten yang memiliki desa terbanyak yang mendeklasarikan ODF,”ujarnya.

    Sementara itu Bupati Eka dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas prestasi Kabupaten Sumedang yang telah memiliki beberapa desa ODF. Hal tersebut, menurut Eka merupakan salah satu prestasi masyarakat Sumedang yang harus dipertahankan.

    “Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang banyak mendapat penghargaan. Penghargaan yang sudah diraih bukan hanya secarik kertas saja, melainkan sebuah bentuk prestasi dan kerja keras yang dihasilkan oleh Dinkes bersama-sama dengan masyarakat,’’kata Eka.

    Menurut Eka, Dinas kesehatan Kabupaten Sumedang juga terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

    “Dalam waktu dekat ini, Pemkab Sumedang berencana akan membangun rumah sakit, hal tersebut merupakan implementasi dari upaya peningkatan kesehatan di Sumedang. Mudah-mudahan, fasilitas tersebut bisa digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, untuk tenaga kesehatan, saya himbau untuk terus meningkatkan kreatifitas dan inovasinya,”ujarnya.

    Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula penandatanganan perjanjian kerjasama anatara Badan Narkotika NasionaL Kab Sumedang dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Kab. Sumedang tentang rekomendasi hasil uji sceening kepada masyarakat umum dalam menunjang program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba serta penandatanganan komitmen
    Antara Kadis Kesehatan Kab. Sumedang dengan ketua TP. PKK Ka. 

    Sumedang tentang komitmen dalam rangka sosialisasi GERMAS dan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus