Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wanita Miliki Peran Strategis Dalam Pilkada

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25870.jpg

    BANDUNG-Kaum wanita memiliki peran strategis dalam mencegah terjadinya politik uang (money politic) pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). 

    Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat, Harminus Koto mengatakan, kaum wanita ini bisa menjadi penggerak untuk menolak politik uang  dan  menjadikan pemilu yang bersih, berwibawa, berkarakter, berkualitas dan berintegritas sehingga menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan mampu menyelesaikan masalah masyarakatnya.

    "Kaum wanita ini termasuk yang tergabung di dalam organisasi bisa menjadi motor penggerak penolak politik uang,"kata Harminus kepada wartawan di Bandung, Rabu (15/11/2017)

    Harminus menilai, wanita juga memiliki  kekuatan dan magnetik yang besar untuk bisa mengawal proses demokrasi ini.

    "Wanita ini punya kekuatan, punya magnetik yang besar untuk bisa mengawal proses demokrasi ini. Ini yang harus kita gandeng ya, harus kita sama-sama melakukannya,"papar Harminus

    Harminus menambahkan, masyarakat pemilih kaum wanita ini terbagi ke dalam beberapa kategori, ada yang tidak berkelompok dan berkelompok atau berorganisasi. Untuk itu, Bawaslu Jabar akan terus mensosialisasikan Pemilu di kalangan organisasi wanita. 

    "Kalau kita lakukan sosialisasi di organisasi ini, nanti kan organisasi ini akan bergerak di organnya maupun di mana saja dia melakukan aktivitas,"ungkap Hermanius.

    Oleh karena itu gerakan-gerakan mengawasi pemilu ini dilakukan di seluruh kelompok-kelompok masyarakat di seluruh organisasi kemasyarakatan seperti NU, Muhammadiyah, ada dari agama lain, katolik, kristen, ada wanitanya angkatan laut, ikatan dokter dan sebagainya.

    "Organisasi wanita ini ada yang dari muslimah, ada yang dari  segala macem keorganisasian wanita ini yang kita dorong bersama-sama untuk hadir mengawasi pemilihan kepala daerah,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus