Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kecamatan Banyuresmi Jadi Sasaran Bupati Dalam Program ODF

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25878.jpg

    Garut - Rabu siang, (15/11), Bupati Garut H. Rudy Gunawan menyaksikan langsung 7 kepala desa beserta para ketua RW serta anak sekolah SD di Kecamatan Banyuresmi. Mereka bertekad menjaga 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yakni tidak Buang Air Besar (BA  B) sembarangan, mencuci tangan pakai air bersih,  juga mengelola air minum dan makanan yang aman. serta Pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan air bersih.

    Turut hadir dalam acara Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan, Plt, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Jajat Darajat, M.Si, Camat Bayuresmi Drs. H. Nurrodin, M.Si, serta Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasana Diskominfo Ricky R. Darajat, SH., M.Si serta masyarakat setempat.
     
    Dalam kesempatan tersebut Bupati  Rudy Gunawan menuturkan, sejak dirinya dengan dr.Helmi berkiprah di dunia pemerintahan, baru 14 desa yang telah berkomitmen dalam menajga lima pilar itu, termasuk ODF. “Bagaiman kita mau menyatakan sejahtera, hanya untuk BAB saja mencari temapt nun jauh disana”, ujarnya.
     
    Bupati Rudy menghimbau kepada masyarakat di perdesaan agar tidak BAB (Buang Air Besar) sembarangan, sebab dengan BAB sembarangan akan mengundang berbagai penyakit, seperti diare, penyakit Malaria dan penyakit lingkungan lainnya.

    “Saya mengajak yang hadir disini, mulai sekarang Stop Buang Air Besar Sembarangan,” seru Bupati.

    Bupati mengharapkan kepada masyarakat khususnya di perdesaan untuk dapat merubah prilaku buruk selama ini. Dengan merubah prilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat ini, dan melaksanakan program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

    Maka penyakit diare dan penyakit yang berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan prilaku masyarakat akan tertekan sehingga masyarakat Garut terbebas dari berbagai penyakit tersebut.

    Bupati menyarakan, dengan di deklarasikannya Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SS  B) / Open Defecation Free (ODF), maka diharapkan  lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat menuju masyarakat Kabupaten Garut yang bermartabat, aman, dan nyaman.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus