Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Ingin Budayakan Konsumsi Pangan Lokal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25888.jpg

    KABBANDUNG-Bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 37 juga sosialisasi Gemar Makan Ikan (Gemari), yang dipusatkan di Dome Balerame Soreang, Rabu (15/11), Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip.,M.Ip mendorong masyarakat untuk membudayakan konsumsi pangan lokal, seperti sayuran, buah dan ikan, dengan kondisi surplus pangan di Kabupaten Bandung.

    “Swasembada dan ketahanan pangan untuk masyarakat sudah sangat berlimpah, dan ini menyebabkan surplus pangan di kabupaten bandung. Maka masyarakat harus mulai membudayakan konsumsi angan lokal. Namun masih perlu dilakukan terobosan dan pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan industri serta manajemen pemasaran," ucap Dadang Naser.

    Pada kesempatan ini lanjutnya, dilakukan juga beberapa perlombaan untuk menarik minat masyarakat terhadap konsumsi pangan lokal dan ikan. Ada lomba makan ikan, kreasi cipta menu, lomba menghias sayur dan buah, lomba kelompok wanita tani (KWT) dan lainnya.

    “Kreasi pangan olahan hasil KWT ini dilombakan, kemudian hasilnya yang sudah baik akan dimasukan ke stan bisnis di toko modern. Kita juga sedang menyiapkan supermarket untuk para UKM dan UMKM, yang berlokasi di Desa Cingcin Kecamatan Soreang,” jelas Bupati.

    Dia menambahkan, pemerintah juga tidak berhenti mensosialisasikan makan ikan. Menurutnya, selama ini masyarakat di Kabupaten Bandung tingkat konsumsi protein hewaninya masih condong ke daging ayam dan sapi. “Padahal ikanlah yang nilai protein hewaninya paling tinggi, apalagi ikan laut, jangan ikan asin. Maka tadi dilombakan kreasi cipta menu, supaya menambah kekayaan menu juga  ketertarikan masyarakat untuk konsumsi sayur dan ikan bisa meningkat,” terangnya.

    Sementara, hadirnya generasi muda di bidang pertanian dan pangan ini, diharapkan bisa menjadi rangsangan bagi terciptanya prospektif, inovatif dan modernisasi bidang pertanian, holtikultural, perkebunan, perikanan bahkan membuat jejaring untuk mendukung bisnis hasil dari bidang tersebut. apalagi jika disokong teknologi informasi.

    “Saya mengajak dan menghimbau agar masyarakat kabupaten bandung khususnya anak - anak untuk memulai gemar mengkonsumsi sayur, buah, umbi-umbian dan ikan karena dalam pangan tersebut terkandung berbagai jenis zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anak usia dini, sehingga menghasilkan SDM generasi yang berkualitas,” katanya.

    Bupati berharap juga, hari pangan sedunia yang kita laksanakan, dapat menjadi momentum pernyataan kembali mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan, yang pada gilirannya akan tercapai kedaulatan pangan yang mensejahterakan rakyat.

    “Kepada para industri kecil dari hasil pertanian, mari kita dorong semangat untuk terus berinovasi, jangan takut gagal untuk berwiraswasta. dan untuk para pengelola management pasar modern contohnya transmart, seharusnya harus ambil bagian dalam pembangunan, salah satunya mampu membina lalu memfasilitasi dalam hal pemasaran yang lebih luas,” pungkas Bupati yang didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Ir. Dadang Hermawan.

    Menanggapi hal tersebut, Head Office Management Transmart Romi Embara menerangkan bahwa pihaknya membuka peluang besar untuk UKM dalam hal pengambangan usaha dan perekonomiannya. Menurutnya, selama ini kerjasama sudah berjalan, yakni denganmenjalankan program pembinaan dan kemudahan.

    “Ini maksudnya agar terjalin hubungan yang berkesinambungan, bukan hanya sesaat tapi terus bersama agar lebih maju. Dalam pelaksanaannya ada perbedaan perlakuan layanan antaran mitra UMKM dan suplier biasa, dengan catatan harus ada rekomendasi dari dinas perdagangan,” ungkapnya.

    Dia menerangkan, produk asal Kabupaten Bandung yang sudah masuk ke Transmart yakni eggroll ganyong, restu mande, sayuran segar, ngalimed liwet dan saat ini kita sedang membantu agar produk kalua ciwidey bisa masuk.”Kita akan bantu juga produk lain yang memungkinkan untuk bisa masuk ke pasar transmart ini,” tutupnya.

    Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kajari Bale Bandung Toto Sucasto,SH.,MH, Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Dudung, SH,MH, mewakili Danlanud Sulaeman Letkol Umam Bintoro, mewakili KPN Bale Bandung hakim Wiyono,SH, Humas Indonesia Power Kamojang Yunara, Ketua TP.PKK Kabupaten Bandung Hj.Kurnia Agustina beserta jajaran, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bandung Hj.Windar Sofian, Para Camat, Persit Kartika Candra Kirana 0609, Ikatan Adhyaksa Darma Karini serta ratusan anak-anak Sekolah Dasar serta undangan lainnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus