Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan Lepas Jalan Sehat HUT Ciamis ke-369

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gubernur_jabar_buka_jalan_sehat_ciamis.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melepas puluhan ribu Peserta Jalan Sehat dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-369 tahun 2011 di Alun-Alun Kabupaten Ciamis, Minggu (26/6) pagi. Heryawan menyatakan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mengucapkan selamat kepada Bupati Ciamis beserta seluruh jajaran pimpinan daerah dan masyarakat Kabupaten Ciamis, atas Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-369. Diharapkan dengan  peringatan ini  memberikan dorongan yang lebih kuat, untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis yang maju dan sejahtera.

    “Jalan sehat merupakan olahraga yang murah, mudah dan menyehatkan. Budaya berolahraga harus menjadi bagian gaya hidup masyarakat jawa Barat. Paling tidak separuh masyarakat Jawa Barat menjadikan kegiatan olahraga dan perilaku bersih dan sehat atau PHBS sebagai kebutuhan jasmani sekaligus rohani. Upaya ini diharapkan dapat mendukung proses pencapaian visi pembangunan Jawa Barat  2008 - 2013, yaitu tercapainya masyarakat Jawa Barat yang mandiri, dinamis dan sejahtera,” tegas Heryawan.

    Lebih lanjut Heryawan menyatakan Gerakan Nasional ”Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat” yang dikumandangkan 27 tahun lalu, masih relevan diaktualisasikan untuk meningkatkan  peran serta masyarakat sebagai pelaku pembangunan olahraga nasional. Jika hal ini terwujud, maka kebugaran dan kesehatan fisik masyarakat akan terjaga. Hal ini sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), serta faktor mendasar dalam upaya meningkatkan kualitas serta produktivitas sumber daya manusia (SDM).

    Sekitar 63.000 warga Kabupaten Ciamis dan sekitarnya ikut jalan sehat dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Ciamis ke-368 dan HUT Bhayangkara ke-64, Minggu (20/6). Peserta yang terdiri dari berbagai golongan usia, menyusuri rute jalan sepanjang tujuh kilometer.

    Membeludaknya peserta jalan sehat, menjadikan Taman Rafflesia yang menjadi area start dan finish, tidak mampu menampung mereka. Akibatnya sebagian warga menunggu di sepanjang rute yang akan dilalui. Bahkan beberapa rombongan juga berkangkat terlebih dahulu, sebelum aba-aba start dimulai.

    Pemberangkatan jalan sehat ditandai dengan pelepasan balon berhadiah oleh Bupati Ciamis Engkon Komara. Tampak hadir di antara peserta jalan sehat adalah Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Prov. Jawa Barat Amung Ma'mun, yang mewakili Gubernur Jabar dan Kapolres Ciamis Ajun Komisaris Besar Agus Santoso, Komandan Kodim 0613 Letnan Kolonel Dedi Kuswandi dan lainnya.

    Sebelum pemberangkatan Engkon mengatakan, antusiasme warga mengikuti jalan sehat dalam rangka HUT Kabupaten Ciamis, setiap tahun terus bertambah. Kali ini peserta jalan sehat mencapai 63.000 orang. Mereka tidak hanya berasal dari tatar Galuh Ciamis saja, tetapi juga daerah lain seperti Kota Banjar, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

    Jalan sehat, lanjut dia, merupakan salah satu agenda rutin dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Ciamis. Kegiatan lain di antaranya pentas wayang golek, sunatan massal, donor darah dan lainnya. "Kegiatan ini tidak semata-mata untuk olahraga, tetapi juga sekaligus mampu mempererat tali silaturahmi warga. Terus terang saya sangat gembira atas sambutan warga yang begitu antusias mengikuti jalan sehat," tuturnya.

    Pemimpin Redaksi Harian Umum Kabar Priangan Hazarin Mahessa mengatakan, membludaknya peserta jalan sehat juga menunjukkan semakin tingginya kesadaran warga akan kesehatan. Banyaknya hadiah juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Sehingga tidak dipungkiri kegiatan jalan sehat yang merupakan agenda pesta rakyat tersebut, kehadirannya selalu dinanti oleh masyarakat Ciamis.

    "Selain ingin mencari sehat, mungkin banyak peserta yang juga tertarik dengan hadiah atau doorprize yang semakin menarik. Salah satunya adalah hadiah utama berupa umroh dari HU Pikiran Rakyat Bandung," tuturnya.

    Berbagai hadiah jalan sehat Ciamis yang menggandeng perusahaan jamu Sido Muncul, di antaranya juga berasal dari sumbangan Gubernur Jabar berupa tiga sepeda motor. Selain itu juga sumbangan dari berbagai dinas, instansi maupun pengusaha Ciamis. "Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran jalan sehat ini," tuturnya.

    Sementara itu hadiah utama berupa tiket umroh dari HU Pikiran Rakyat, jatuh ke tangan Anang Taryono warga Tasikmalaya. Hadiah khusus tersebut diserahkan oleh Komisaris PT Berkah Pikiran Rakyat, Budi Hilman.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus