Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    GNNT Perlu, Tapi Jangan Tabrak Regulasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25936.jpg

    BANDUNG–Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) sudah mulai dilaksanakan sejak Agustus 2014, dan tahun 2017 semakin masif dilakukan, terutama pada kewajiban membayar transaksi di jalan tol dengan E-Money. Namun kewajiban itu dianggap kurang memperhatikan hak konsumen.

    Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) menganggap ada hal positif dari pemberlakuan kebijakan dan GPNT tersebut. Tapi ternyata ada beberapa aturan yang dilanggar dan terkesan dipaksakan.

    Ketua HLKI Jabar, Banten, dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Firman Turmantara, pada Seminar Implementasi Era Nontunai bagi Masyarakat dan Pelaku Usaha di Universitas Sangga Buana (USB) Bandung menyebutkan, sedikitnya ada delapan aturan yang bertentangan dengan pelaknsaan GNNT.

    “Salah satunya adalah aturan tentang adanya pilihan bagi konsumen, konsumen bebas memilih. Contoh di Jalan tol, sekarang wajib pakai non tunai, artinya tidak ada pilihan, ini melanggar. Harus ada perbaikan, misalnya masih menyediakan transaksi tunai di satu gerbang,” jelasnya, Senin 920/11).

    Kemudian lanjutnya, Peraturan Bank Indonesia (BI) Nomor 16/2014 pasal 6, yang menyebutkan dalam memberikan jasa sistem pembayaran, yang berdampak pada adanya biaya bagi konsumen, penyelenggara dalam hal ini perbankan, wajib memperoleh persetujuan konsumen secara tertulis'. Selain itu, ucapnya, BI dan perbankan penyelenggara pun harus menyediakan posko pengaduan serta keluhan konsumen.

    "Sejauh ini, bagaimana? Apakah BI dan perbankan penyelenggara GPNT sudah memenuhi Peraturan BI Nomor 6/2014 pasal 6 atau belum ? Kami menyarankan pemerintah supaya membereskan dan menetapkan regulasi tentang GPNT. Jangan menerbitkan kebijakan terlebih dahulu, baru regulasi," kritiknya.

    “Informasi ini sangat penting, sebagai masukan. Kami akan menindaklanjutinya,” ujar Diah Eka Purwanti, Transaction Banking Rental Head PT Bank Mandiri Tbk Region Jabar dalam seminar tersebut. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus