Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RHL DAS Cimanuk Pasca Banjir Garut Libatkan Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25992.jpg

    Rehabilitasi hutan dan lahan menjadi salah satu kebijakan nasional yang sangat relevan untuk menjawab tantangan yang dihadapi daerah-daerah terkait dengan semakin terdegraddasinya lingkungan, yang dapat menimbulkan banjir dan tanah longsor.

    Dalam Rilisnya, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyebutkan, upaya Penanganan pemulihan DAS tersebut dilakukan melalui RHL, yang dilaksanakan dengan tiga (3) pola, yaitu Penanaman Pohon secara Konvensional, Penaburan Benih melalui Udara (aerial seeding), dan Hutan Rakyat Agroforestry. 

    Upaya lainnya adalah Pembuatan Bangunan Konservasi Tanah dan Air (KTA), melalui Dam Penahan, Gully Plug, dan Sumur Resapan.

    Pelaksanaan Launching RHL ini dipusatkan di Blok Cihurang Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut,  dengan melibatkan masyarakat dan semua pihak terkait di daerah, seperti Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Perum Perhutani, Pemerintah Kabupaten/Kota serta unsur stakeholders lainnya. RHL dilakukan secara sinergis dan partisipasi aktif oleh semua komponen.

    Kegiatan Launching ini dilaksanakan di lapangan, di lokasi RHL, dengan didahului oleh dialog serta paparan capaian dan renaksi.

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri LHK, Siti Nurbaya, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Deddy Mizwar, Bupati Garut H. Rudy Gunawan, Dirjen  Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK serta para jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Garut.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus