Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PPSI Tetap Pertahankan Seni Tradisi Ibing Pencak Silat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/PPSI-Tetap-Pertahankan-Seni-Tradisi-Ibing-Pencak-Silat.jpg

    BANDUNG – Persatuan Pencak Silat Indonesia, tetap mempertahankan seni tradisi Ibing Pencak Silat hingga kini. Hal itu terbukti dengan masih digelarnya Pasanggiri Ibing Pencak Silat se-Jawa Barat, yang digelar dari 26-29 Juni 2011 di Palagan Yayasan Atikan Sunda Jl Suci. Ketua umum DPP-PPSI Uu Rukmana mengungkapkan, PPSI tetap mempertahankan seni ibing pencak silat, karena seni ibing pencak silat merupakan warisan budaya asli Sunda.

     
    “Kita ingin tetap mempertahankan seninya disamping tentunya olahraga bela dirinya. Kalau khusus bela diri pencak silatnya kan sudah ada yang ngurus di IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia-red), nah kalau PPSI khusus memfokuskan diri pada seni ibingnya. Jadi seni budayanya yang lebih kita tonjolkan” ujar Uu Rukmana.
     
    Pasanggiri Seni Ibing Pencak SIlat diikuti oleh 207 peserta dari seluruh cabang DPD PPSI se-Jawa Barat.  Pasanggiri ini diselenggarakan 2 tahun sekali dengan tujuan selain memeliharan seni ibing pencak silat, juga mencari bibit-bibit baru seni ibing pencak silat.
     
    “Ini kan pesertanya dari mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Jadi tujuan utama dari pasanggiri ini sebenarnya bukan juara, tetapi mencari bibit baru dan menularkan seni tradisional ibing pencak silat” kata Uu.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus