Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KPU Jabar Resmi Tutup Pendaftaran Calon Perseorangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26103.jpg

    BANDUNG-Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Provinsi Jawa Barat secara resmi menutup penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilgub Jabar 2018.

    Sampai penutupan, tidak ada satupun bakal pasangan calon perseorangan yang menyerahkan bukti dukungan sesuai persyaratan yakni 6,5% dari DPT. 

    "Kami nyatakan Pilgub Jabar 2018 tidak akan ada calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur perseorangan," kata Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq kepada wartawan di Bandung, Senin (27/11/2017).

    Endun mengungkapkan sesuai dengan PKPU no 1 tahun 2017 tentang jadwal dan tahapan Pilkada serentak, penerimaan berkas dukungan bakal calon perseorangan dalam Pilgub ditutup pada 26 november 2017 pukul 24.00 WIB.

    Selama proses penerimaan dukungan dari bakal pasangan calon bubernur dan wakil gubernur jawa barat perseorangan, kata Endun setidaknya ada lima pasangan yang telah meminta user name dan pasword Silon (Sistem Informasi Pencalonan) sebagai untuk akses pengunggahan dukungan.

    Berdasarkan hasil komunikasi dengan LO masing-masing pasangan, para bakal pasangan calob perseorangan mengklaim telah mengantongi dukungan sebagai mana dipersyaratkan.

    "Selama proses penerimaan berkas, kami juga intens berkomunikasi dengan LO (liaison officer) bakal pasangan calon," ucap Endun

    Endun menjelaskan dari lima pasangan yang telah meminta Silon, hanya dua pasangan saja yang melakukan pengunggahan dukungan. Dua pasangan tersebut adalah Jajang Suherman-M Teguh dan Daday Hudaya-Valentino. Namun unggahan dukungan dalam Silon jauh dari persyaratan yang mana Jajang Suherman-M Teguh hanya mengunggah 2.573 dukungan dan Daday Hudaya-Valentino 132.518 dukungan.

    Selama proses penerimaan berkas dukungan, dari lima pasangan calon yang telah mempunyai user name dan pasword Silon, kata Endun tidak semua pasangan mendatangi KPU untuk menyerahkan berkas.

    Sebelumnya, pada Jumat lalu pasangan Jajang Suherman mendatangi KPU dan pada Minggu lalu Eggy Sudjana, Daday Hudaya dan Faisal juga mendatangi KPU.

    "Tapi semuanya tidak bisa membuktikan membawa berkas dukungan berupa foto copy KTP atau surat keterangan, walaupun semuanya mengklaim telah mempunyai dukungan," ujarnya.

    "Karena sampai 26 November pukul 24.00 tidak ada satupun pasangan yang mampu menyerahkan dukungan sebagai syarat pencalonan, KPU Provinsi Jawa Barat memutuskan pada Pilgub 2018 tidak akan ada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus