Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskominfo Bertugas Kembangkan Statistik Sektoral

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26139.jpg

    SURABAYA-Direktur Diseminasi Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS), Ir. Adhi Widiana, M.Si menyatakan, statistik yang dikembangkan oleh Diskominfo yaitu statistik sektoral yang diperuntuk kepentingan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan sifatnya tidak lintas sektoral serta tidak nasional.

    "Statistik sektoral hanya untuk kepentingan dinas dan itu memotret registrasi yang lengkap seperti jumlah penduduk, kelahiran, pendidikan dan pekerja mulai dari tingkat desa, kota/ kabupaten hingga provinsi," ucapnya.

    Menurut Adhi, data sektoral ini sangat bermanfaat ketika kita akan membangun sistem data yang terintegrasi secara nasional dan Diskominfo sebagai pelaksana harus bisa bagaimana data tersebut terbangun secara sistematik dari bawah sampai atas.

    "Dengan cara seperti itu data yang ada di Diskominfo sangat bermanfaat untuk perencanaan pembangunan dan pelaporan," kata Adhi, kepada www.Jabarprov.go.id, dalam acara Pembinaan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah Bidang Statistika, di Hotel Rich Palace, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/11).

    Adhi mengatakan, untuk mendukung kegiatan tersebut perlunya pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang paham statistik baik secara terampil maupun ahli dengan harapan mereka tidak hanya sebagai pengumpul data tetapi juga bisa menjadi analisis maupun perencana.

    "Dengan kemampuan SDM yang paham statistik mereka juga bisa melakukan evaluasi tulisan-tulisan bagaimana kaitan satu variabel dengan variabel lain dan itu bermanfaat buat pembangunan daerah setempat," tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus