Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KPPU Pantau Komoditas Pangan Strategi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26210.jpg

    BANDUNG-Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) selama dua tahun ini lebih fokus pada pemantauan terhadap sektor bahan pangan strategis. Demikian dikemukakan Ketua KPPU, Syarkawi Rauf.

    Karena menurut Syarkawi, komoditas pangan ini pengaruhnya sangat besar terhadap kehidupan masyarakat dan jika terjadi masalah baik karena terjadi kelangkaan maupun harga yang sangat tinggi bisa menimbulkan gejolak di masyarakat.

    "Yang menjadi fokus kita itu sektor-sektor yang memang memiliki peranan yang sangat strategis bagi perekonomian kita, seperti sektor pangan," ucapnya.

    Syarkawi mengaku, sejak kurun waktu 2 tahun lebih ini, KPPU telah menangani banyak perkara-perkara yang terkait dengan dugaan kartel yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dalam komunitas pangan, mulai dugaan kartel ayam, daging sapi, bawang putih hingga besar.

    "Untuk daging ayam kita menduga ada kartel yang dilakukan oleh sekitar 12 perusahaan unggas di Indonesia," kata Syarkawi kepada www.Jabarprov.go.id.

    Menurut Syarkawi, dalam kegiatannya KPPU juga melakukan monitoring terhadap sejumlah komoditas pangan lain seperti jagung, gula, bawang putih, bawang merah, cabe rawit dan minyak goreng serta sektor pendidikan, kesehatan, keuangan transportasi dan energi.

    "Monitoring yang kita lakukan nantinya menjadi rekomendasi kebijakan bagi pemerintah dan penegakan hukum," katanya.  (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus