Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Minimalisir Sengketa Informasi Dengan Ketersediaan Informasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26248.jpg

    PURWAKARTA-Dalam sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Layanan Informasi Publik pada Rapat Koordinasi PPID, Selasa (5/12), dengan narasumber Handayani Ningrum Kabid Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Puspen Sekjen Kemendagri, menyebutkan tugas PPID Utama diantaranya untuk mengoordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu, melakukan verifikasi bahan informasi dan dokumentasi, dan menyediakan informasi untuk diakses ke masyarakat. 

    Kemudian tugas PPID Pembantu adalah menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan informasi, ujar Handayani.

    Handayani mengatakan, yang utama adalah bagaimana informasi itu terinfokan. Apapun informasi yang diminta semua dianggap penting, tambah Handayani.

    "Baik itu pemohon adalah perseorangan, kelompok masyarakat, LSM, Ormas, parpol, atau badan publik lainnya, semua informasi yang diminta jangan dipilah mana yang penting dan tidak penting. Semua itu penting. Kalau tidak penting tentu tidak akan dibutuhkan," ungkap Handayani.

    Menyinggung masalah sengketa, Handayani berpesan itu bisa diminimalisir bahkan tidak ada selama  dilaksanakan semua hak dan kewajiban sesuai tupoksi. 

    Handayani menambahkan, dalam memberikan informasi wajib sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prosedur yang dipenuhi persayaratannya oleh pemohon.

     "Itulah mengapa perlu diadakan rakor seperti ini, agar kita memahami substansi dan proses dalam SOP nya agar tidak terjadi kesalahan kedepannya yang jadi merugikan pemberi informasi.Jika semua sudah sesuai ketentuan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," Jelas Handayani.

    Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan PPID Utama dan PPID Pembantu di lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bisa bersinergi untuk mewujudkan Jawa Barat yang terbuka dan demokratis, pungkasnya. (Faust)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus