Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati EKA Janjikan 5 Juta Untuk Pemenang Lomba Qasidah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26251.jpg

    SUMEDANG-Hadiah sebesar 5 juta rupiah dijanjikan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan kepada pemenang lomba qasidah antar posbindu lansia kecamatan se-Kabupaten Sumedang Tahun 2017 yang diselenggarakan di Gedung Negara, Selasa (5/12).

    Lomba qasidah yang digelar dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-46 dan diikuti oleh 26 posbindu lansia kecamatan Se-Kab. Sumedang tersebut dihadiri oleh ketua TP. PKK Kab. Sumedang, Hj. Hanne Eka Setiawan, unsur SKPD, ketua beserta jajaran pengurus posbindu serta unsur terkait lainnya.

    Hj. Lilis Endah kusyaman selaku ketua penyelenggara mengatakan, dasar dari diselenggarakannya lomba qasidah adalah surat tugas dari ketua TP. Pkk Kabupaten Sumedang tentang susunan panitia pelaksana lomba qasidah.

    “Maksud dan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini selain untuk menghibur umat Islam, tujuan lainnya adalah sebagai ajang untuk meningkatkan kreativitas budaya Islam serta untuk melestarikan budaya Islam melalui kesenian qasidah,’ujar Lilis.

    Sementara itu, Bupati Eka dalam sambutannya menyampaikan keberadaan seni qasidah memiliki peran yang strategis dalam pembinaaan umat Islam. Menurut Eka, melalui lantunan syair dan lagu religius dapat berperan sebagai media dakwah yang berperan untuk mensiarkan nilai-nilai Islam yang damai.

    Saya merasa berbahagia dengan kehadiran para ibu-ibu peserta qasidah, pasalnya hal ini jarang terjadi di Gedung Negara. Mudah-mudahan, dengan kehadiran ibu-ibu disini tentunya dengan melantunkan lagu-lagu bernuansa Islami dapat memberikan kedamaian untuk kita semua,’’kata Eka. 

    Menurut Eka, seni qasidah merupakan salah satu kekayaan dan khazanah budaya bangsa. Oleh karena hal tersebut, menurut Eka, seni qasidah harus terus diperhatikan dan dikembangkan sebagai salah satu seni budaya yang bernafaskan Islam sesuai dengan perkembangan jaman namun tetap berpeganagn pada nilai-nilai ajaran Islam.

    “Saya atas nama pemerintah Kabupaten Sumedang sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan, lomba qasidah posbindu lansia ini dapat menghidupkan kembali seni Islami,’’ujar Eka.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus