Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Buka Penyelenggaraan Festival Geopark Ciletuh-Palabuanratu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26354.jpg

    SUKABUMIKAB-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meresmikan berlangsungnya penyelenggaraan Festival Seni Budaya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Sabtu (9/12) bertempat di Lapangan Stasiun Radar TNI AU Kab.Sukabumi.

    Dalam sambutannya, Gubernur mengapresiasi penyelenggaraan festival ini, karena menurutnya aspek seni dan budaya menjadi bagian dari geopark itu sendiri, yaitu "culture diversity" dan itu termasuk pada penilaian dari UNESCO.

    Aher merasa yakin, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu akan mendapat pengakuan dari Unesco sebagai "Unesco Global Geopark. Hal itu menurutnya akan diumumkan pada bulan April tahun mendatang dan peresmiannya akan dilakukan di bulan September.

    Khusus mengenai kehadiran seni dan budaya dari Ciletuh-Palabuanratu ini atau yang saya sebut seni dan budaya dari "pakidulan", dapat tampil di event-event tingkat provinsi. Mereka tidak kalah dengan penampilan grup-grup lainnya, ujar Aher.

    Sementara itu menurut Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, bahwa geopark ciletuh-palabuanratu telah sangat dikenal di mancanegara, yang salah satunya berkat peran media massa dalam menginformasikannya ke dalam berbagai media. Oleh karena itu dirinya sangat berterima kasih kepada para awak media sambil berharap untuk terus mensosialisasikan geopark Ciletuh-Palabuanratu.

    Staff Khusus Kemenpar, Bidang Pengembangan Daerah Investasi Pariwisata, Kang Dadang, mengungkapkan, bahwa Kemenpar akan terus mengawal proses pengakuan Unesco atas geopark Ciletuh-Palabuanratu. Selain itu, kami pun terus mendukung pengembangan dan perbaikan di Kawasan Geopark-Ciletuh ini. Hal demikian Kang Dadang kemukakan lantaran para pimpinan daerah, seperti Gubernur, bupati dan unsur staffnya termasuk Dinas Parbud Prov.Jabar yang sangat consern dan sangat perhatian terhadap pembangunan dan Geopark Ciletuh-Palabuanratu.

    Pembukaan Festival Seni Budaya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, ditandai dengan membunyikan Angklung oleh Gubernur, Ibu Netty Heryawan, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Kadisparbud Jabar, Ida Hernida.

    Kegiatan Festival seni budaya menurut Ida Hernida akan menampilkan beberapa kekhasan seni dan budaya kawasan Ciletuh-Palabuanratu,  Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu berupa pameran ragam khas ciletuh, pertunjukan seni budaya khas Ciletuh, pencak silat, kuda lumping, bajidoran, cepet, ombak reggae, wayang golek dan opening ceremony. Ragam seni budaya itu dilakoni oleh Sanggar Seni yang ada di 9 kecamatan yang berada di wilayah Ciletuh, yaitu Kec. Ciracap, Kec. Ciemas, Kec. Surade, Kec. Waluran, Kec. Simpenan, Kec. Palabuhanratu, Kec. Cikakak, Kec. Cisolok, Kec. Jampangkulon.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus