Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Begini Saran Kemenpar Bagi Festival Duren 2017

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26374.jpg

    MAJALENGKA-Festival Duren 2017 di Kecamatan Sindang Wangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat mengambil lokasi di pasar ikan atau tempat pelelangan ikan. 

    Menanggapi hal itu, Kepala Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar), Esty Reko Astuti mengatakan yang harus diperhatikan dalam destinasi wisata adalah mampu membuat pengunjung merasa menikmati juga memberikan pengalaman baru bagi mereka. 

    "Sejauh ini memang masih di pasar ikan. Terpentjng lokasi penyelenggaraan yang akan dijadikan destinasi wisata itu, sesuai dengan tren pariwisata yaitu di samping enjoy menikmati tapi juga ada pengalaman yang berkesan,"kata Esty kepada wartawan di Desa Sinapeul Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2017)

    Dia mengimbau, sebaiknya Festival Duren 2017 dilakukan di kebun. Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa langsung merasakan memetik langsung durian sehingga mereka memiliki pengalaman tersendiri.

    "Alangkah baiknya festival duren ini dilakukan di kebun, bagaimana mereka mempunyai kesempatan memetik durian. Jadi disamping enjoy, pengunjung juga memiliki pengalaman tersendiri,"imbuh Esty

    Selanjutnya,setelah pengunjung menikmati dan mendapatkan pengalaman juga bisa menyampaikan keindahan dan pengalamannya saat mengunjungi destinasi tersebut kepada calon pengunjung lainnya. 

    "Ketika wisatawan punya pengalaman baru maka mereka akan cerita sama yang lainnya,"ujar Esty.

    Kemenpar ke depannya akan memberikan pendampingan sehingga tidak hanya mengimbau wisatawan dalam menjaga lingkungannya dengan kondisi yang bersih, ramah dan nyaman tapi juga bagaimana mengelola destinasi wisata dengan baik. Jika destinasi wisatanya baik maka akan menambah jumlah pengunjung yang akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat.

    "Tentu kita akan melakukan pendampingan kepada masyarakat agar mampu mengelola tempat wisata dengan baik,"jelas Esty

    Ditanya soal kualitas durian Kab Majalengka. Dia menyebutkan durennya memiliki berbagai varietas bahkan ada yang khas yaitu durian susu yang mungkin tidak terdapat di provinsi lain.

    "Luar biasa, jenis duren di sini banyak macamnya bahkan ada yang khas yaitu durian susu. Cuma saya belum merasakannya tadi, keburu kehabisan. Jadi masih penasaran dan tahun depan harus balik lagi ke sini,"pungkasnya (MAT)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus