Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sejuta Relawan Mahasiswa Awasi Pilkada

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26516.jpg

    BANDUNG-Dalam rangka meningkatkan masyarakat pada pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Barat tahun 2018, Badan Pengawasan Penilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilu partisipatif dengan mahasiswa dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur , bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kotalangsung serentak pada 2018.

    Kegiatan gerakan relawan sejuta mahasiswa awasi pemilu ini dilaksanakan selama dua haru dari 15-16 Desember 2017. Yang dihadiri sebanyak 405 orang dari Kabupaten/kota di Jawa Barat.

    Kegiatan ini juga dihadiri langsung ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto, anggota Bawasalu Jabar, Wasikin Marzuki dan Yusuf Kurnia serta Kepala Sekertariat Bawaslu Jabar, Eliazar Barus beserta pejabat struktural di lingkungan Bawaslu Jabar. Turut hadir dari kalangan akademisi DR Fauzan Alrasyid dan DR Heri Heriawan. 

    Kepala Sekertariat Bawaslu Jabar, Eliazar Barus menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman kepada para mahasiswa terkait teknis penyelenggaraan pengawasan Pilkada. Serta memberikan pemahamaman teknis penyelelenggaraan pengawasan Pilkada.

    "Selaib itu memberikan pemahaman teknis penanganan pelanggara juga mendorong generasi muda agar berperan aktif dalam mengawawasi pemilu,"kata Eliazar kepada wartawan di Bandung, Sabtu (16/12/2017) 

    Sedangkan materi yang diberikan kepada para peserta meliputi oeran masyarakat dalam pengawasan partisipatif, pengawasan pemutahiran data pemilih, lampanye dan pungut hitung.

    "Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama di Indonesia yang dilakukan oleh lembaga pengawasa pemilu dengan melibatkan para mahasiswa dan santri untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu,"papar Eliazar.

    Sementara itu, pada kesempatan yang sama dilaksanakan juga deklarasi "Gerakan Relawan Sejuta Mahasiswa awasi Pemilu." Salah satu poin penting dalam deklarasi tersebut yaitu Kami mahasiswa, dengan kesungguhan hati siap mengawasi penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 agar berlansung secara jujur dan damai. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus