Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kerusakan Akibat Gempa Paling Banyak di Kabupaten Tasikmalaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26522.jpg

    BANDUNG-Kerusakan bangunan gempa berkekuatan 6,9 SR yang terjadi pada Jumat, (15/12) pukul 23.47 WIB,   paling banyak terdapat di Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran yang memang paling dekat dengan pusat gempa. 

    Tercatat di Kabupaten Tasikmalaya terdapat 72 rumah rusak berat, 37 rumah rusak sedang, dan 109 rumah rusak, sementara di Kabupaten Ciamis terdapat 50 rumah rusak berat, 83 rumah rusak sedang, 55 rumah rusak ringan dan 188 rumah rusak, sedangkan di Kabupaten Pangandaran terdapat 33 rumah rusak berat, 20 rumah rusak sedang, 38 rumah rusak ringan dan 91 rumah rusak.

    Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, daerah lain di Jabar yang terdampak gempa merusak adalah di Kota Banjar dan Kabupaten Garut, yang hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan dan diperkirakan jumlah kerusakan akan bertambah.

    "Masyarakat yang rumahnya rusak mengungsi di tenda, rumah kerabatnya, balai desa atau bangunan lainnya serta bantuan terus disalurkan kepada korban," ucapnya.

    Menurut Sutopo, hingga saat ini sudah terjadi 19 kali gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil dan kekuatan gempa terus menurun dan secara umum aktivitas masyarakat telah kembali normal. 

    "Memang daerah Selatan Jawa Barat merupakan daerah rawan gempa yang berasal dari pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Gempa dapat terjadi kapan saja," kata Sutopo, melalui rilis yang diterima www.Jabarprov.go.id. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus