Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jumlah Lulusan Mahasiswa Teknik Perlu Ditambah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_4965.jpg

     

    BANDUNG- Berdasarkan data peningkatan jumlah lulusan mahasiswa teknik dinilai berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan perkapita penduduk, dan semakin banyak penduduk yang mengenyam pendidikan tinggi, pendapatan perkapita suatu negara semakin tinggi. Demikian dikemukakan Menteri Pendidikan Nasional M Nuh, dalam Peringatan ke 91 tahun Pendidikan Tinggi Indonesia, di Aula Barat ITB, Sabtu (09/07)   
     
    Menurut M Nuh, melihat dari kondisi pendapatan perkapita penduduk Indonesia saat ini yang hanya hanya 3.000 Dolar AS, pada 2015 nanti diharapkan pendapatan per kapita penduduk bisa mencapai 14.000 Dolar AS.
     
    “Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi hanya sekitar 26,3%, dengan jumlah mahasiswa sekitar 5,2 juta orang, 2015 nanti diharapkan APK mencapai 53% atau 7 juta mahasiswa,” ujarnya.
     
    M Nuh menyatakan, ada dua cara untuk meningkatkan jumlah mahasiswa teknik, diantaranya dengan menambah kapasitas penerimaan setiap perguruan tinggi atau dengan meningkatkan mutu dan relevansinya.
     
    “Untuk itu, kampus harus meningkatkan penerimaan mahasiswa meski cukup sulit untuk meningkatkan kapasitas dari yang ada saat ini,” ucap M Nuh.
     
    Menurut M Nuh, dari yang ada saat ini ITB hanya mampu menerima sekitar 4.000 mahasiswa setiap tahunnya, dan masih jauh dari kebutuhan.
     
    “Saya harap kampus lain untuk mampu menghasilkan lulusan teknis yang berkwalitas, bisa saja ITB menjadi motor penggerak pendidikan teknik,” pungkasnya. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus