Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Tebar 2.3 Juta Ekor Ikan di Jatiluhur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26721.jpg

    PURWAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menebar lebih dari 2,3 juta benih ikan di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memperbaiki dan normalisasi air di Jatiluhur.

    2,3 juga ikan yang ditebar adalah ikan dengan jenis endemik, yang biasa terdapat di perairan umum, atau di sungai-sungai dan danau-danau di Jawa Barat. Diantaranya, ikan lalawak, tamakang, tawes, nilem, bereum panon, bandeng, kanca, sepat, nila, serta jenis ikan endemik lainnya.

    "Dulu, ketika tahun awal saya menjabat gubernur sudah ditanam 200 ribu benih ikan disini. Sekarang 2 ,3 juta," katanya saat ditemui usai pelepasan benih ikan, Jumat (29/12).

    Aher berharap ikan yang ditebar di perairan darat ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk di konsumsi. seperti masyarakat di sekitar Waduk Jatigede, Sumedang, dimana ada 10 kelompok nelayan danau yang terbentuk. per kelompoknya terdiri dari 10 keluarga.

    "Rata rata per hari sudah mampu ikan tangkap dua ton per hari," ucapnya.

    Meski demikian, Aher mengimbau masyarakat sekitar Jatiluhur yang hendak menangkap ikan tidak melakukan praktik penangkapan ikan yang merusak lingkungan, cukup dengan menjaring atau memancing.

    Selain itu, Keranjang jaring apung pun dikatakan Aher tidak boleh beroperasi kembali di perairan Jatiluhur. 

    "Perairan umum endemik, harus dikembalikan menjadi tempat perikanan yang alami. Rasa ikan yang alami lebih enak daripada yang budidaya," katanya.

    Aher menyebut, program pelepasan bibit ikan sudah dilakukan setiap tahun. Tahun depan pun Aher menargetkan akan kembali menebar 80 juta bibit di seluruh perairan darat di seluruh Jabar.

    "Tahun lalu 30 juta benih ikan ditebar, tahun ini 59 juta. Tahun depan insya allah 80 juta bibit ikan," katanya.

    Dengan adanya ikan yang hidup, diharapkan bisa linier dengan kualitas air yang ada. Sehingga, selain ingin perairan kaya ikan, kualitas air yang mengairi pertanian juga bagus. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus