Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mendiknas Larangan Pihak Sekolah Lakukan Pemungutan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_49651.jpg

    BANDUNG- Kementrian Pendidikan Nasional menegaskan melarang pihak sekolah melakukan pungutan biaya pendidikan kepada orang tua siswa baru. Demikian ditegaskan Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh menegaskan, kepada wartawan dalam sebuah acara di kanpus ITB, akhir pekan kemarin.

     
    Menurut M Nuh, sesuai keputusan pemerintah bahwa pendidikan tingkat SD dan SMP itu wajib bagi semua anak-anak Indonesia dan pihak sekolah tidak diperbolehkan melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapaun.
     
    “Pendidikan 9 tahun itu kewajiban, tarikan pungutan itu tidak boleh dilakukan berkaitan dengan penerimaan siswa baru, dalam bentuk apapun,” tegasnya.  
     
    Menurutnya/ adapun sumbangan yang dilakukan oleh orang tua kepada sekolah dibolehkan, sepanjang sumbangan tersebut tidak mengingat, baik besarannya mapun waktu.
     
    “Jika ada pihak sekolah yang memungut saat pendaftaran siswa baru, saya minta sekolah segera mengembalikan pungutan tersebut kepada orang tua,” ucapnya.
     
    Mendiknas juga meminta kepada semua Kepala Daerah untuk memberikan sanksi tegas, jika ada pihak sekolah yang melakukan pungutan kepada siswa baru.
     
    “Saksi wewenangnya ada di kepala daerah masing-masing,” tuturnya. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus