Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cegah Kenaikan Harga, Bandung Gelar OPM Beras

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26940.jpg

    BANDUNG- Bagian dari upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga beras, Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan Perum Bulog (Badan Urusan Logistik) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) yang akan berlangsung hingga bulan Februari 2018 mendatang.

    Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Eli Wasliah mengatakan, untuk pekan pertama ini, Pemkot  Bandung telah menetapkan 10 titik yang akan menjadi tempat OPM di seluruh wilayah Kota Bandung.

    "Untuk hari Senin (15/01), OPM  digelar di halaman kantor Kec. Andir dan Kantor Kelurahan Cipamokolan Kec. Sukasari.  OPM digelar untuk menindaklanjuti naiknya harga beras kelas medium di pasaran," ucapnya.

    Menurut Eli, dalam pelaksanaan OPM,  Perum Bulog akan menyediakan sebanyak 8 ton beras di tiap titik dengan harga Rp 8.200 per kilogram dan masyarakat bisa membeli beras tersebut mulai dari 5 kg sampai maksimal 15 kg.

    "Nanti akan dievaluasi di pekan pertama, kalau antusiasime masyarakat di satu lokasi kurang peminat, kita akan alihkan ke kecamatan lain. Ini akan dilakukan secara bergiliran,” imbuhnya.

    Eli menyatakan, berdasarkan hasil survei disejumlah pasar, terdapat kenaikan harga beras sebesar 18-20 persen dari Harga Eceran Tertinggi (HET), dimana HET beras medium yang ditetapkan pemerintah adalah Rp 9.450 per kilogram, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp 11.000 – Rp 11.500 per kilogram.

    “Karena kenaikannya sudah di atas 10%, maka berdasarkan regulasi kita harus menggelar operasi pasar,” ungkap Eli, di Pendopo Kota Bandung, Senin (15/01).

    Pada hari pertama operasi pasar ini, sebanyak 4,5 ton beras berhasil didistribusikan kepada 362 orang pembeli di kantor Kel. Cipamokolan. Sementara itu di kantor Kec. Andir sebanyak 6,4 ton telah dibeli oleh 556 orang warga. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus