Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Jabar Dorong RS Al-Ihsan Berklaster A

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26996.jpg

    PANGANDARAN-Provinsi Jawa Barat sebetulnya sudah memiliki dua rumah sakit umum daerah (RSUD) yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dan RS Santosa. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan mengajukan Rumah Sakit Al-Ihsan agar memiliki klaster A.

    Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai melakukan peletakan batu pertama RSUD Pangandaran di desa Pananjung Kabupaten Pangandaran, Rabu (17/1/2018)

    Heyawan mengatakan, RS Al-Ihsan masih harus memenuhi beberapa persyaratan lagi untuk dijadikan karegori rimah sakit klaster A. "Hanya saja RS Al-Ihsan itu ketika kita dorong menjadi klaster A masih ada sedikit persyaratan di luar rumah sakit yang belum terpenuhi,"ujar Heryawan.

    Gubernur mencontohkan, misalnya rumah sakit di Garut dan Soreang naik klaster atau kategori B diperkuat. Bahkan kalau bisa rumah sakit di kawasan Kabupaten Bandung harus ada RSUD karena nanti kalau statusnya menjadi A maka akan jadi rujukan kelas B.

    "Nah, kalau kemudian A tapi di bawahnya belum siap itu kurang bagus,"ujar Heryawan.

    Kang Aher sapaan Gunernur Jawa Barat menilai, RS Al-Ihsan sudah siap dijadikan rumah sakit berklaster A dan jika diajukan pasti lulus karena sudah memiliki sarana prasarana kesehatan yang memadai.

    "Hanya saja kita ingin mengajukan Al-Ihsan menjadi kelas A dengan catatan dibawahnya dinaikan dulu statusnya,"ungkap Aher.

    Dia menambahkan, rumah sakit klaster A akan selalu menjadi rujukan kelas B. Apabila rumah sakit kelas B belum bisa menampung pasien sebanyak kelas A maka dikhawatirkan bebannya tidak akan tertampung.

    "Ketika Al-Ihsan menjadi kelas A ke depannya maka akan ada sebagian yang tidak masuk ke sana karena ditampung oleh rumah sakit kelas B. Makanya harus dipersiapkan terlebih dulu,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus