Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Herman Rukmanadi: Infrastruktur Jadi Salah Satu Kendala Pariwisata Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/herman-rukmanadi.jpg

    BANDUNG – Perkembangan Dunia kepariwisataan di Jawa Barat hingga kini masih terkendala masalah infrastruktur. Menutur Ketua Aasosiasi Jasa Travel dan Kepariwisataan (ASITA) Jabar Herman Rukmanadi, layanan jasa kepariwisataan tidak bisa dilepaskan dari infrastruktur.

    “Masalah infrastruktur itu tidak melulu bicara soal jalan dan sarana lainnya, tetapi juga menyangkut masalah informasi dan angkutan. Coba banyangkan saja jika turis mendarat di Husen, lalu ingin pergi ke Tangkuban Parahu misalnya, apa ada angkutan yang ke sana dari Husen? Ingat lo, tidak semua turis itu datang dengan bantuan travel agen” ujar Herman.

    Menurut Rukman, masalah infrastruktur itu menjadi ranah pemerintah daerah baik kabupaten kota maupun provinsi. Oleh karena itu Rukman meminta pemerintah serius juga menata infrastruktur. Tanpa perbaikan infrastruktur, promosi gencar sekalipun tetap tidak akan menhasilkan hasil yang optimal.

    “Kesan orang atau wisatwan akan jelek dan dijamin tidak akan datang lagi jika infrastrukturnya kaya begini. Jalan banyak yang rusak, informasi rute dan angkutan hampir tidak ada di Bandara. Lalu turis atau wisatawan yang datang akan kebingunan akhirnya” tegas Herman.

    Jadi promosi kepariwisataan itu tidak melulu mengenalkan objek wisatanya, tetapi juga harus dicantumkan bagiaman untuk menuju objek wisata itu. Itu semuanya terintegrasi dan seharusnya dikoordinasi oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Budaya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus