Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disdukcapil Kabupaten Garut Luncurkan Mobil Keliling

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27113.jpg

    GARUT- Dalam upaya meningkatkan pelayan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut meluncurkan kendaraan operasional baru mobil keliling. Kendaraan ini berguna untuk membantu warga masyarakat yg membutuhkan pelayanan KatuKeluarga (KK), KTP,  Akte Kelahiran serta perpindahan, dan lain-lain. Launcing pertama mobil keliling disdukcapil ini dilaksanakan di Alun-alun Garut, Rabu (24/1/2018).
     
    Kepala Disdukcapil, Rina Siti Syabariah, menyampaikan beberapa rencana dan program kedepan untuk meningkatkan pelayan yang akan memudahkan warga masyarakat  sesuai keinginan Pemerintah Kabupaten Garut.

    "Supaya mempercepat dan mempermudah semua akses yang berhubungan dengan pelayanan, mereka harus dilayani dengan baik ramah tamah dan sopan," tuturnya.

    Rina menambahkan, mobil ini akan berfungsi sebagai sarana untuk membantu operasional pelayanan dokumen kependudukan dengan cara jemput bola ke 42 kecamatan, menyusul masih banyak warganya yang belum memiliki KK, KTP, Akte Kelahiran serta dokumen surat pindah dengan alasan karena terlalu jauh dan lama dalam pelayanan.

    "Dengan jemput bola, masyarakat yang jauh jaraknya ke kabupaten akan merasa senang serta terbantu dan tidak perlu datang ke dinas", katanya. Menurutnya, banyak keluhan masyarakat datang jauh-jauh untuk membuat KK dan KTP tidak beres karena terlalu banyak yang harus  dilayani, serta minimnya sumber daya manusia, dan gangguan teknis termasuk penyediaan blangko.

    Guna mempercepat informasi, disdukcapil berkoordinasi dengan kecamatan supaya melaporkan warganya yang membutuhkan pelayanannya, dengan cara para camat mengumpulkan warganya di kantor kecamatan dan kendaraan keliling akan datang atas permintaan camat.

    Kabid Kependudukan, Epip Zulvikar Malik A, S.Sos., M.Si, menambahkan, dengan adanya mobil keliling yang  beroprasi merupakan sarana yang sangat baik agar supaya lebih cepat dalam proses pembuatan yang dibutuhkan masyarakat. Epip berharap pembuatan KTP dan lainnya bisa dibereskan dalam 2 jam, sepanjang sarana penunjang SDM memadai serta tidak ada gangguan teknis.

    "Apabila ada gangguan bukan hanya di pelayanan Disdukcapil saja, itu penyebabnya secara nasional bukan hanya di kecamatan atau di dinas saja melainkan seluruh indonesia, dan masalah tidak ada blangko tidak di Disdukcapil saja melainkan secara nasional," tukasnya.

    Berkaitan menjelang pilkada, Epip berjanji akan bekerja maksimal supaya semua warga bisa memenuhi haknya dalam pelaksanaan pilkada nanti.  Ia menyebutkan sekitar 40 ribu lagi akan dicetak, di mana setiap harinya KTP-el ini dicetak rata-rata 900 lembar dan sebulan hampir 2500  lembar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus