Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wakil Bupati Garut Apresiasi Dibentuknya Forum KIM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27122.jpg

    GARUT-Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman, Rabu (23.1/2018), mengapresiasi dibentuknya Forum Komunikasi Kelompok Informasi (FK-KIM) Kabupaten Garut.

    Hal itu  diungkapkannya saat menghadiri acara Silaturahmi Para Penggiat Indormasi dan Pembentukan FK-KIM, di Villa Buled Kecamatan Tarogong Kaler. Menurut Helmi, dengan dibentuknya kelompok informasi masyarakat ini, nantinya bisa menginformasikan pada masyarakat dengan secara bijak, sehingga tidak akan ada lagi berita hoax. Masyarakat bisa secara selektif dalam memberikan informasi kepada publik "Intinya KIM nantinya harus memberikan informasi yang bijak dan tabayyun bila informasinya nantinya akan disebarkan ke publik" ucapnya.

    Dengan dibentuknya KIM, sebut Wabup, sangat memberikan inspirasi karena pembentukan KIM sendiri langsung dari masyarakat dan para komunitas yang ada di Kabupaten Garut.

    "Untuk sarana informasi yang ada di Kabupaten Garut begitu terbatas, maka dari pihak Pemkab sangat mendukung dengan adanya KIM, karena merupakan garda terdepan untuk menyampaikan sajian informasi ke masyarakat atau publik" ujarnya.

    Ditambahkan Helmi, melalui otonomi daerah, maka selayaknya dengan adanya kelompok informasi masyarakat bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengakses berita yang tidak menyimpang atau hoax "Maka, Silaturahmi KIM ini merupakan kegiatan yang harus didukung secara bersama, karena KIM nantinya bisa berhubungan dengan media sosial" paparnya.

    KIM juga diharapkan menjadi sebuah sarana untuk penyebaran informasi sekaligus  promosi Kabupaten Garut yang aman, sejuk dan terkenal dengan wisatanya. "KIM merupakan sarana komunikasi yang baik, sebagai garda yang terdepan untuk menginformasikan segala bentuk yang ada di Kabupaten Garut yang penuh dengan suasana yang alami tanpa adanya rekayasa " paparnya.

    Selain itu Helmi juga memberikan apresiasi dengan dibentuknya forum komunitas kelompok informasi masyarakat, dan nantinya KIM bisa menyampaikan informasi yang lebih leluasa pada masyarakat tanpa adanya informasi yang sesat atau tidak berimbang.
    Ia berharap KIM juga bisa menginformasikan pada masyarakat dengan bijak, apalagi dalam menghadapi tahun pilkada." 
    Saat disinggung terkait pengembangan sarana informasi terutama melalui medsos, dirinya akan segera mesosilisasikan dan memberikan arahan teknis pada komunitas KIM, agar meyampaikan informasi terutama menjelang tahun politi atau pilkada, sehinggamasyarakat luas bisa mencerna berita bohong atau hoax. 

    Sementara iru Sekretaris Diskominfo,  Diar Cahdiar, berharap KIM bisa berpartisipasi di dalam penyebaran informasi, agar  masyarakat juga bisa menginformasikan ke kalangan yang lebih luas. "Jadi makin banyak yang berpartisifasi maka makin bagus, bila mengandalkan humas yang ada di Pemkab Garut waktunya terbatas, tetapi bila dari masyarakat berperan jadi humas dan menyampaikanya secara bijak, maka Garut akan lebih  terkenal ", ujar Diar.

    Forum yang terdiri dari berbagai komunitas, mulai dari komunitas penggemar padud, sapedah ontel, tukang cukur rambut, pengelola medsos, amatir radio, seni padalangan, bahkan forum anak dan para penggiat sosial dan informasi sepakat membentuk Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Garut. Forum secara aklamasi menunjuk Janur M. Bagus sebagai ketua, dibntu Wakil Ketua Tika Rudiana, dibantu dua sekretaris, dua bendahara dan beberapa bidang didalamnya. 
    Janur sendiri menyatakan kesiapannya, dan akan melakukan konsolidasi didalam.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus