Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PT KAI Dan GE Transportation Gelar CSR Kesehatan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27132.jpg

    GARUT-PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama mitra kerja GE Transportation  (GE) menggelar kegiatan Bakti Sosial di Stasiun Cibatu , melalui layanan Rail Clinic Kamis (25/1).

    Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal mengatakan bakti Sosial ini merupakan kepedulian bersama antara PT KAI dan GE dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. 

    "Hal ini dibuktikan dengan digelarnya pemeriksaan kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic untuk warga di sekitar Stasiun Cibatu," katanya.

    Rail Clinic adalah satu set Kereta Kesehatan yang dimiliki PT Kereta Api Indonesia (Persero). Untuk Rail Clinic yang akan hadir di Stasiun Cibatu adalah Kereta Kesehatan generasi ke-4 yang terdiri dari 4 trainset. Rail Clinic generasi ke-4 terdiri atas empat unit kereta /gerbong. 

    Dua kereta  untuk kesehatan dan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library. Sedangkan, pada Rail Clinic generasi-generasi sebelumnya hanya terdiri atas dua unit kereta kesehatan saja di tiap rangkaiannya.Selain fasilitas-fasilitas kesehatan yang telah tersedia pada Rail Clinic generasi sebelumnya, versi generasi ke-4 ini dilengkapi dengan fasilitas laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit, seperti kanker, diabetes, dan sebagainya.

    Sementara, kehadiran Rail Library, menjadi sarana untuk meningkatkan minat baca warga sehingga diharapkan dapat turut andil dalam mencerdaskan masyarakat. Di dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk kalangan anak-anak sampai pengetahuan umum untuk dewasa. Selain buku-buku manual, juga tersedia fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak.

    Rail Clinic generasi ke-4, kata dia, merupakan sinergi BUMN antara KAI dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam hal bantuan peningkatan kesehatan untuk pengadaan peralatan medis berupa alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan elektronik. Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini mengundang kurang lebih 200 warga di sekitar Stasiun Cibatu. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus