Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kabupaten Garut Raih Penghargaan SAKIP B

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27152.jpg

    GARUT- Kabupaten Garut patut berbangga menjadi salah satu daerah yang memperoleh penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai B. Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur di Batam, Kamis (25/01).

    Usai menerima penghargaan, Rudy Gunawan mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras aparatur pemerintah Kabupaten Garut dan semua element masyarakat Garut. Menurutnya target SAKIP B itu ditargetkan bisa dicapai tahun depan namun ternyata pencapaian target tersebut bisa didapat tahun ini.

    "Target kami sebenarnya nilai B itu ingin dicapai tahun depan tapi ternyata alhamdulillah target tersebut bisa lebih cepat kami peroleh pada tahun ini, sehingga kami menargetkan tahun depan nilai kami bisa naik menjadi A," ujar Rudy usai menerima penghargaan.

    Rudy menambahkan pemerintah Kabupaten Garut terus berupaya agar semua program pembangunan dilakukan secara transparan, akuntabel serta tertib administrasi dan anggaran diprioritaskan untuk membiayai proyek dan program penting pemerintah yang menyangkut kebutuhan  pokok masyarakat.

    Usai menerima penghargaan, Rudy Gunawan mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras aparatur pemerintah Kab. Garut dan semua element masyarakat Garut. Menurutnya target SAKIP B itu ditargetkan bisa dicapai tahun depan namun ternyata pencapaian target tersebut bisa didapat tahun ini.

    Pemerintah telah menyerahkan penghargaan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) pemerintah kabupaten/kota wilayah I yang meliputi seluruh kabupaten/kota di wilayah Pulau Sumatera, Provinsi Jawa Barat dan Banten. 

    Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-R B) terus berupaya melakukan efisiensi penggunaan anggaran pada 2018 ini. Salah satunya dengan mendorong penerapan manajemen kinerja lewat skema SAKIP.

    Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, kehadiran Sakip juga sangat penting demi meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran dalam berbagai proyek pembangunan yang tengah ramai digalakan pemerintah.

    "Kehadiran Sakip dirasakan sangat penting, terutama ketika Presiden Jokowi menghendaki seluruh instansi pemerintah melakukan efisiensi dan meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran dalam program-program pembangunan yg menjadi prioritas," ungkapnya saat menyerahkan Penghargaan SAKIP di Hotel Radison Batam.

    Asman turut mengutip keberhasilan penggunaan SAKIP pada tahun lalu. "Atas dasar ini, pada tahun 2017, kita berhasil mendorong potensi efisiensi anggaran pemerintah sebesar Rp 40 triliun," ungkapnya.

    Melalui skema SAKIP, Kementerian PANRB tercatat telah berhasil mengalihkan penggunaan anggaran untuk pembiayaan proyek dan program penting pemerintah, bukan menggunakannya untuk hal-hal kecil yang dirasa tidak terlalu penting.

    "Karena itu, keberadaan skema ini dapat mengalihkan penggunaan anggaran untuk pembiayaan kegiatan lain yang lebih prioritas, dan selaras dengan upaya pencapaian tataran pembangunan nasional," tutur dia.

    Sistem SAKIP sebenarnya sudah dimulai sejak 1999. Skema tersebut sampai saat ini terus mengalami penyempurnaan.

    "Semakin baik penggunaan SAKIP di instansi pemerintah, semakin tinggi potensi penggunaan anggaran secara efektif dalam upaya pencapaian pembangunan nasional," terang Asman.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus