Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menteri Susi Ajak Generasi Muda Geluti Bisnis Perikanan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27308.jpg

    BANDUNG, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengajak generasi muda untuk terjun ke dunia wirausaha khususnya di bidang perikanan. 

    Menurut Menteri Susi, potensi bisnis perikanan di Indonesia pertumbuhannya terbilang positif yakni nilai tukar perdagangan ikan yang tadinya 104% sekarang naik jadi 110-111% dengan keuntungan mencapai 120%.

    Meskipun keuntungan yang diperoleh dari bisnis perikanan sangat tinggi. Namun, masih sedikit masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk menekuni bisnis itu karena masih terkendala dengan berbagai birokrasi yang menyangkut izin usaha. 

    "Regulasi sudah jala tapi praktek di lapangan belum mudah. Ini pekerjaan rumah saya dan menteri lainnya,"ujar Susi, ketika menjadi pembicara pada acara simPATI Creativepreneur Corner di Bandung, Sabtu (3/2/2018) 

    Selain itu, hambatan lainnya yaitu masih ditemukan oligarki dan oligopoli dari para pemain lama yang menghambat pertumbuhan bisnis perikanan. Dia menyarankan kepada generasi muda agar tidak perlu terjun langsung ke bisnis perikanan dengan skala besar tapi harus menjalani proses dengan usaha kecil terlebih dahulu.

    "Saya sarankan jika ingin berbisnis ikan harus memahami peta pemasarannya dulu,"ungkap Susi

    Ketika ditanya apakah Susi memilih menjadi menteri atau pengusaha. Ia menjelaskan selama menjadi menteri hampir tidak memiliki waktu privasi. Dia mengisahkan ketika dirinya usai berolahraga sepeda kemudian istirahat tiba-tiba banyak masyarakat menghampirinya hanya sekedar berfoto atau menyapa.

    "Sekarang jadi menteri hampir tidak punya privasi. Semua memperhatikan saya, tapi tidak masalah,"ujar Susi.

    Susi pun lebih memilih menjadi pengusaha karena di dunia bisnis bisa lebih bebas mengekspresikan kemampuannya dalam bidang usaha. Namun, menjadi menteri pun kata Susi harus bisa menginspirasi jutaan masyarakat. 

    Selain itu, lanjut Susi, menjadi menteri bisa membuat kebijakan yang berpihak kepada bangsa Indonesia khususnya nelayan. Salah satu kebijakannya yang populer selama ini adalah menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia. 

    "Itulah kalau jadi menteri bisa membuat kebijakan yang melindungi bangsa Indonesia. Ketika saya menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di kita, pak Presiden bilang menteri serem, banyak meme tentang saya tapi tidak masalah ini demi kedaulatan bangsa Indonesia,"pungkasnya (MAT) 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus