Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Iwa: Upaya Evakuasi Unit Reaksi Cepat di 5 Titik Kawasan Puncak

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27346.jpg

    BANDUNG - 5 orang warga Kampung Maseng masih tertimbun longsoran yang terjadi di kawasan Puncak, Bogor.

    Ketua BPBD Jabar sekaligus Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan kelima orang ini merupakan warga yang rumahnya tertimbun longsoran pada Senin (5/2/2018) siang lalu. "Ada 3 rumah tertimbun, saya harapkan kelima orang ini bisa ditemukan dalam keadaan selamat," katanya di Bappeda Jabar, Bandung, Selasa (6/2/2018).

    Menurutnya saat ini pihak BPBD Jabar, BPBD Bogor, Basarnas, Tagana dan TNI/Polri tengah melakukan upaya evakuasi dan pencarian di sejumlah lokasi longsor yang terjadi di lima titik kawasan Puncak. "Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Bogor, mereka juga sudah langsung ke lokasi begitu ada kejadian dengan unit reaksi cepat," tuturnya.

    Proses evakuasi dilakukan sangat hati-hati mengingat dari laporan BMKG hari ini diperkirakan curah hujan masih akan tinggi. Kejadian kemarin pun menurutnya menyebabkan satu korban jiwa meninggal atas nama Lilis warga Kampung Naringgul. "Di Kampung Maseng bencana terjadi akibat tebing setinggi 300 meter dengan lebar 100 meter longsor," paparnya.

    Kejadian longsor juga menimpa Kampung Caringin dimana dua rumah rusak berat, lalu Kampung Ranji longsor menimpa satu rumah hingga rusak berat. Di Kampung Naringgul selain menyebabkan korban jiwa, juga menyebabkan dua orang luka ringan dan satu luka berat. "Korban sudah dirawat di Rumah Sakit Cimacan," katanya.

    Iwa memastikan proses tanggap darurat sudah berjalan. Pemprov Jabar juga sudah menyiapkan sejumlah bantuan yang dibutuhkan warga. "Hujan masih terjadi, saya meminta semua pihak waspada begitupun ketika jalur Puncak sudah bisa dilalui roda dua dan empat. Kami dari Pemprov Jabar turut berduka cita atas musibah yang terjadi," ujarnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus