Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bank Sampah Dorong Peran Aktif Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27625.jpg
    BANDUNG- Berbagai upaya terus dilakukan  Pemerintah Kota Bandung guna mempertahankan raihan Piala Adipura yang saat ini sudah tahun berturut-turut, melalui berbagai inovasi dalam penanganan dan pengolahan sampah, salah satunya melalui bank sampah.
     
    Melalui program bank sampah Pemkot Bandung bersama PD. Kebersihan Kota Bandung melakukan upaya secara nyata yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
     
    Kepala Bidang Pelayanan Khusus PD Kebersihan Kota Bandung, Euis Julaeha mengatakan, Bank Sampah Resik yang dimiliki PD kebersihan, merupakan suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif di dalamnya. 
     
    "Sistem ini akan menampung, memilah dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar dan sebagai timbal baliknya masyarakat yang menjadi nasabah mendapatkan keuntungan ekonomi dari tabungan sampah," ucapnya.
     
    Menurut Euis, selama tahun 2017 terdaftar 850 nasabah Bank Sampah Resik yang sudah bergabung dan ikut andil dalam program ini, yang terdiri dari 837 nasabah umum dan 13 bank sampah binaan dan hingga saat ini jumlah nasabah bank sampah diperkirakan terus bertambah.
     
    "Saat ini terdaftar 13 bank sampah binaan untuk membantu menyukseskan program bank sampah, diantaranya bank sampah di kewilayah dan tempat pendidikan," kata Euis, saat berada di Bank Sampah Resik Unit Babakan Sari, Kamis (22/02). 
     
    Berdasarkan data, dari hasil sampah yang dikumpulkan, Bank Sampah Resik mampu menampung sampah sekitar ton perbulan, diantaranya sampah kertasan 584 kilogram, plastik 184 kg, emberan 199 kg, logam 45 kg dan beling 32 kg. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus